Aktivitas akhir tahun blognoerhikmat

endof2013

Di penghujung akhir tahun, terutama bulan Desember selalu menjadi perhatian masyarakat dan keluarga pada umumnya. Ya, banyak keluarga yang sudah sibuk untuk rencana liburan akhir tahun ataupun aktivitas akhir tahun lain yang sehubungan dengan pekerjaan.

Aktivitas akhir tahun ini bagi saya pribadi ada tiga hal yang jadi prioritas, yang pertama adalah fokus pekerjaan yang lumayan memeras otak untuk pencapaian target sales dan profit serta rencana program kerja tahunan yang sudah harus dipresentasikan di Rapat Kerja Tahunan di awal Januari. Yang kedua, adalah bagaimana merencanakan liburan keluarga, berhubung anak saya sudah beres UAS di pertengahan bulan Desember. Yang ketiga, adalah aktivitas dunia ngeblog sebagai hobi baru dua tahun kebelakang. Tiga prioritas tersebut, mau tidak mau harus dijalankan dengan harmonis dan tercapai targetnya.

Fokus Pekerjaan

Saya selalu mengingatkan kepada staf saya, bahwa penjualan akhir tahun harus sukses, definisi sukses adalah adanya pertumbuhan dan memperoleh profit sesuai target. Seperti diketahui dalam pekerjaan saya di dunia ritel, akhir tahun sangat identik dengan promosi diskon untuk konsumen. Promosi diskon besar-besaran sebuah mall atau toko dilakukan untuk menyehatkan persediaan barang terutama di fashion departemen, sehingga persediaan di awal tahun dapat diperbaharui dengan barang baru. Itu berbeda sekali dengan barang-barang supermarket yang relatif jarang didiskon, berhubung profitnya juga tipis, kecuali di departemen fresh dan general merchandise.

Untuk menarik minat konsumen berbelanja pada promosi diskon kali ini, saya dan team berusaha melakukan konsep marketing blusukan ala Jokowi ke daerah-daerah potensial konsumen. Konten acaranya adalah kami membuat konsep jualan fashion diskon diatas 50% serta diiringi musik elektonan dan games berhadiah, walaupun hadiahnya tidak besar. Pada momen tersebut, sebetulnya kami  mengingatkan secara halus kepada konsumen untuk datang ke toko pada saat acara diskon nanti.

Berikutnya setelah rencana jualan akhir tahun, tentunya rencana kerja tahun 2014 juga mesti dibuat. Ada isu penting yang mesti di hadapai seperti tingkat persaingan ritel yang makin ketat , Pemilu 2014 yang membuat tanda tanya bagi duania usaha, selain itu kenaikan reguler Upah Minimum Pekerja yang memaksa bisnis harus dijalankan secara efektif dan efisien.

Fokus Keluarga

Masalah waktu yang tepat untuk bisa barengan libur atau cuti, ternyata tetap menjadi masalah klasik untuk kami. Seperti diceritakan di atas, pekerjaan saya membutuhkan waktu tidak libur di akhir tahun, dan itu sudah saya jalani bertahun-tahun. Akhirnya saya harus menyesuaikan dengan liburan anak sekolah untuk mengambil cuti pekerjaan. Maklum sudah dua tahun ini kami harus mengakhiri akhir tahun masing-masing. Keinginan pergi ke pantai selain ke pantai Pangandaran.

Seperti gayung bersambut, ternyata Desember ada pertemuan keluarga besar di Pantai Anyer. Jadilah ini sebagai rencana liburan dan silaturahim yang bisa kami wujudkan sebagai aktifitas akhir tahun 2013.

Fokus ngeblog

Ada hasrat yang ingin selalu aktif menulis atau apa saja yang dibagikan supaya blognoerhikmat bisa tetap eksis. Untuk bisa membuat postingan satu minggu sekali bagi saya itu sudah prestasi. Dan akhir tahun ini, di sela-sela kesibukan pekerjaan dan keluarga, punya target dua kali posting dalam seminggu serta aktifitas blog walking menyambangi sahabat-sahabat WP-ers yang selalu menginspirasi. Selain itu terus membenahi tampilan dan isi blognoerhikmat dengan terus belajar ngeblog dari para pakar blog. Ingin sekali menaikkan Page Rank jadi 3 atau peringkat Alexa yang masih jutaan ini, sebagai tujuan salah satu ngeblog.

Nah…kira-kira sahabat WP-ers, aktivitas akhir tahun 2013 ini seperti apa ?

Tulisan yang lain :

16 thoughts on “Aktivitas akhir tahun blognoerhikmat

  1. Mantap pisan sudah mempunyai 3 plan yang cukup detil itu.
    Saya mah kemungkinan ingin istirahat total saja di rumah. Puas-puasin hirup udara segar Sukabumi setelah sehari-hari paru-paru diisi udara polusi Bekasi. Intinya sih letih juga rutinitas di Desember ini.

    Nah, tentang ngeblog, saat ini saya hanya mampu menambah posting per minggunya. Kwartal pertama tahun depan saya akan mulai dari sini saja. Konsisten dulu dgn 1 posting per minggu. Kwartal kedua saya mungkin akan mencoba menambah jumlah postingan per minggunya…

    Salam ti katebihan Kang,

  2. Akhir tahun ini akang nggak bisa ikutan liburan, harus gantian dengan rekan lain. Mudah2an diawal januari bisa merasakan liburan bareng keluarga. Semangat untuk mengejar semua targetnya, happy blogging🙂

  3. Kegiata akhir tahun, ditutup sama jalan-jalan dan nginep di gunung bersalju..sekalian menghirup udara segar..eehh udara tiriis hihi.. sekalian melupakan sejenak therapi2 yg sudah dijalani dan bakal dijalani..*narik nafas panjaaaang…lalu hembuskaaaan…:D

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s