Seputar Kartu Undangan Nikah

undanganMelewati akhir pekan minggu di bulan oktober yang baru saja lewat kemarin,  cukup disibukkan dengan memenuhi kartu undangan nikah. Sepertinya banyak pasangan baru yang menargetkan untuk nikah di bulan Dzulhijjah dan menghindari bulan Muharam atau bulan Syuro’ . Saking banyaknya undangan yang bentrok pada hari yang sama, maka akhirnya mau tidak mau harus memilih undangan mana yang harus di datangi. Yang tidak didatangi tinggal titip salam dan amplop (jujur saja, ga semuanya hehhe).

Biasanya untuk memilih undangan yang harus didatangi adalah diukur dari kedekatan saya dengan pasangan nikah atau dengan orang tuanya. Masalah berikutnya adalah dengan siapa saya harus pergi ?, whahhahaha… pasti banyak yang menduga pasti saya pergi dengan istri saya. Karena saya bekerja dimana sabtu dan minggu tidak bisa libur jadilah acara pergi kondangan dengan rekan2 kerja, ,maklum banyak undangan adalah dari karyawan. Nah , yang jadi uniknya juga adalah pakaian pergi kondangan jarang menggunakan pakaian batik atau pakaian formal lainnya, jadilah kami pergi kondangan dengan seragam lengkap dengan id-card. Awalnya situasi ini jengah, tapi lama-lama terbiasa juga karena yang kami datangi adalah karyawan kami juga.

Bila melihat kartu undangan nikah, saya sering memperhatikan beberapa hal. Yang pertama saya lihat adalah model kartu undangan nikah. Karena dulu waktu nikah, buat kartu undangan nikah desain sendiri, sehingga detil cetakan huruf atau pernak-pernik lainnya seperti embos, foil , jenis kertas undangan cukup paham. Menarik lho kalau desain dan mencari percetakan sendiri sehingga biaya pembuatan bisa ditekan.

Secara umum sebuah kartu undangan nikah  mempunyai isi berupa; halaman foto pra-weding, halaman do’a nikah, halaman nama pasangan nikah, halaman utama berupa isi undangan dan tempat-tanggal nikah.

Dari beberapa kartu undangan nikah yang saya dapat, do’a nikah atau ayat-ayat Al-Qur’an yang paling populer adalah ,

1.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجاً لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir” (QS. Ar-Ruum 30 : 21)

2.

Do’a Cinta Sang Pengantin

Limpahkan kepada kami cinta yang Kau jadikan pengikat rindu
Rasulullah dan Khadijah Al Kubra yang Kau jadikan
mata air kasih sayang Nabi Adam dan Siti Hawa

Andai semua tak layak bagi kami,
maka cukupkanlah permohonan kami dengan ridho-mu
jadikan kami sebagai suami istri yang saling mencintai dikala dekat,
saling menjaga kehormatan dikala jauh, saling menghibur dikala duka
serta saling mendo’akan dalam kebaikan dan ketaqwaan

Ya Allah, panjangkanlah umur kami, lapangkanlah rizqi kami,
bimbinglah kami menuju kebaikan,

Ya Allah, sempurnakanlah kebahagiaan kami
dengan menjadikan pernikahan ini sebagai ibadah

3.

Semoga Allah menghimpun
yang terserak dari keduanya, memberkati
mereka berdua, dan kiranya Allah
meningkatkan kualitas keturunan mereka,
menjadikannya pembuka pintu-pintu
rahmat, sumber ilmu dan hikmah
serta peberi aman bagi umat

Do’a Nabi Muhammad SAW pada pernikan putrinya Fatimah Az-Zahra dengan Ali bin abi Tholib

[yang ke-3 ini,tidak disarankan.lihat kolom komentar]

Nah, kira-kira buat calon mempelai pria dan calon mempelai wanita, desain seperti apa untuk kartu undangan nikah kamu berdua ?

Baca Juga :

Atau tulisan lainnya :

34 thoughts on “Seputar Kartu Undangan Nikah

  1. Kalo bikin desain sendiri memang unik namun pasti harganya juga mahal:mrgreen: kalo akang mah yg ada default-nya aja ditempat cetaknya jadi cepet beres dan harganya sesuai kebanyakan🙂

    • Kalau pengalaman dulu. Memang yg disebut buat sendiri agak ribet tapi krn pengen seperti itu.jadinya ide comot sana-sini .Sampai bikin maklon khusus cetakan, dll tapi puas desain unik dan ga pasaran. Malah kalau desain kita diminta buatin jadinya mahal…..tp syarat lainnya adalah mesti kenal dgn orang percetakannya…dijamin harga teman….heheheh ….

  2. besok saya undangnya pakai email,blo, dan jejaring sosial lainnya mas. Manfaatkan gadget dan internet untuk kemudahan segala urusan🙂

    • whahhaha…..betul juga apalagi internet sudah masuk ke pelosok desa, nanti tinggal jawaban konfirmasi saja…biar seru tiap undangan lewat email kasih pasword untuk tukar cendera mata.🙂

  3. Untuk do’a no.3 itu sebaiknya tidak digunakan karena itu adalah hadits palsu. Rasulullah tidak pernah mengatakan hal yang seperti itu, meski kelihatannya baik pesannya.

    Do’a pernikahan yang shahih adalah: ﺑَﺎﺭَﻙَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻟَﻚَ ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻭَﺟَﻤَﻊَ ﺑَﻴْﻜَﻤُﺎَ ﻓِﻲْ ﺧَﻴْﺮٍ

    “Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu, serta mengumpulkan kamu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan.” [Shahih At Tirmidzi (1/316)]

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s