Putri Herlina , Sang Inspirasi dan Perkawinannya yang mengharukan

Pertama kali saya membaca tentang Putri Herlina didapat dari blog mas Iwan Yulianto dengan judul “Pernikahan Agung Sang Putri Difabel“, pas melihat tulisan itu, pertama tertuju pada  foto pernikahan Putri Herlina dan Reza Hilyard Soemantri, dilihat seperti tidak ada yang aneh, namun setelah ditilik-tilik lebih detil ternyata memang Putri Herlina tidak mempunyai kedua belah tangan !!.
Berikutnya dengan hati terus bertanya dan penasaran, setiap tulisan mas Iwan Yulianto saya baca dengan seksama dari awal sampai akhir, tidak terasa menetes dan terucap spontan “Suhanallah…”, Allah begitu Agung memberikan satu cerita kepada kita yang sempurna tentang perjuangan, kesabaran, perkawinan yang mengharukan, serta orang2 yang mendukung disekelilingnya.

Dan kepenasaran itu tidak berhenti disitu saja, lewat link yang ada dituliskan mas Iwan, akhirnya bisa tahu juga bahwa ada mas Saptuari Sugiharto, founder #SedekahRombongan yang menjadi promotor semua kisah inspiratif ini. Dari tulisan Mas Saptuari berjudul “Tuhan Maha Sutradara”, dari tulisannya air mata yang tadi menetes, ternyata makin melting saja diriku, dibenamkan oleh cerita seputar masa kecil Putri Herlina, masa ketika ditelantarkan oleh kedua orang tuanya sampai diurus oleh bu Naryo dengan penuh kasih sayang dan ketulusannya yang luar biasa sampai besar dan menemukan pangeran hatinya dalam sebuah Perkawinan Agung. Rupanya Putri Herlina juga diberi satu anugrah oleh Allah SWT berupa kemandirian yang kuat dan keinginan untuk terus belajar. Diceritakan disana bagaimana Putri tidak ingin diistimewakan dan perjalanan sekolahnya sampai harus indekost. sungguh, suatu kemandirian yang melebihi orang2 normal apalagi buat anak2 sekarang. Sampai detik ini pun, perasaan saya masih banyak bertanya, sungguh kejam kedua orang tuanya sampai berbuat begitu. Tapi inilah Ke Agungan Allah SWT dengan skenarionya yang membuat satu alur cerita yang tak diduga-duga supaya menjadi contoh dan inspirasi bagi umatnya.

Inspirasi Putri Herlina Gadis tanpa tangan, telah membuat Mas Saptuari mendedikasikan dirinya untuk mencari donasi untuk kepentingan anak terlantar dan kaum dhuafa. Dan pastinya pertemuan pertama kali Putri Herlina dan Mas Saptuari menjadi pertemuan yang tak terlupakan sehingga terinspirasi membentuk  #SedekahRombongan. Dan satu prestasi luar biasa SedekahRombongan.com bisa mengumpulkan sumbangan Allah lewat orang2 yang ingin bertakwa kepadaNYA sebesar 14.3 Milyar !!  untuk disalurkan kepada anak2 dhuafa yang sakit, sungguh luhur pengabdian tersebut

Inspirasi Putri Herlina tidak berhenti disitu saja. Perkawinan mereka tanggal 13 Oktober 2013 yang dihelat di Balai Sinta Yogyakarta, membuat hati kita terhenyak dan haru melihat perjalanan cinta mereka , sungguh seperti dongeng2 dimana putri mendapatkan pangeran cintanya. Sang Putri Herlina dengan keterbatasannnya, memperoleh ijabah dari do’a2nya khusuk kepada Sang Pemberi jodoh Allah SWT, memberi pembelajaran untuk kaum hawa tentang keluhuran dan keagungan NYA, yang tidak pernah bosan untuk membuktikan tentang do’a yang dikabulkan. Sang pangeran Reza, juga menjadi inspirasi buat para lelaki normal tentang ketulusan dan keikhlasannya menerima Putri Herlina menerima apa adanya, dan membuat keyakinan kedua orang tua Reza untuk merestui perkawinan ini. Ditunjukkan dalam acara sungkeman, sang ibunda Reza meberi nasehat yang lirih :

“Wahai anakku, engkaulah lelaki itu. Engkaulah yang dipilih Allah untuk menemani wanita luar biasa ini. Engkaulah yang Allah percaya duduk, berdiri, berjalan di sampingnya selamanya. Jadikan ini sebagai ibadahmu, pahala tak berkesudahan hingga akhir hayatmu,”

Sungguh, restu yang luhur dari Orang tua untuk sebuah pernikahan antara Putri Herlina dan Reza Hilyard Soemantri menjadi inspirasi kita semua.

Ketika tulisan ini dibuatpun, saya berulang kali membacanya dan tidak merasa bosan membolak-balik tulisan mas Saptuari serta rasa penasaran juga di tindak lanjuti dengan melihat alamat twiter mas @saptuari dan @putriherlina88, begitu juga browsing tulisan2 lain tentang Putri Herlina. Seperti ada magnet yang menyentuh rasa hati yang paling dalam, mungkin ini yang disebut proses hidayah. Ada rasa takzim dengan semua ini sehingga secara jujur, saya ingin membuat postingan Putri Herlina sebagai model inspirasi untuk kita semua dan masuk tulisan inspirasi di blognoerhikmat

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sumber foto : @saptuari

___________

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sumber foto : @saptuari

my_signature

Baca juga :

Christine Ha, Masterchef Tunanetra

Life without Limits

34 thoughts on “Putri Herlina , Sang Inspirasi dan Perkawinannya yang mengharukan

  1. Membaca kisah tentang Putri Herlina ini bagai membaca komik masa lalu terutama yg karya HC Andersen. Tentang gadis biasa saja yg menikah dg pangeran tampan yg baik hati…

    Betul, kejadian nyata ini bagai kisah di negeri dongeng. Subhanallah…

    Salam,

  2. Ping-balik: Seputar Kartu Undangan Nikah | blognoerhikmat

  3. jodoh itu sekali lagi hanya ditangan tuhan, entah dengan siapa, entah kondisinya bagaimana kalau sudah ditangan tuhan pastilah terjadi juga..

    saya lihat ini bebrapa kali mas, di tl twitter dan fb terutama. Tapi dari sini jadi tau lagi..

  4. Kang Budi, upami aya gambar jempol diunggal komentar, abdi bade masihan sadaya jempol tah, kangge kang Budi oge jempol sadayaaaa..😊

    Kisah seperti ini selalu membuat hati terenyuh sekaligus kagum, spt seorang pria muda tanpa tangan dan kaki, yg bisa menjadi motivator terkenal di dunia. Lupa namanya, tp pernah diliput TV sini.

  5. ketika cinta telah memilih, tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang bisa menolaknya..ketika cinta telah menjadi jawabannya..semua hal yang tampak mustahil akan menjadi kenyataan..selamat untuk pernikahannya..kalian menginspirasi semua orang..semoga kami yang sempurna juga memiliki kekuatan cinta seperti kalian!!!!!

  6. Luar biasa, benar-benar luar biasa… Saya kagum dengan semangat juangnya, pantang menyerah, dan pastinya dia memiliki mindset yg positif… Saya yakin, kalau dia tidak ikhlas menerima dirinya apa adanya, mungkin dia tidak akan bisa seperti sekarang ini.
    Kebanyakan dari kita hanya fokus pada kekurangan diri kita, merasa minder dan rendah diri, dan akhirnya tidak berbuat apa-apa… Kisah sang putri benar-benar menginspirasi saya dan sekaligus menegur saya… Sungguh kisah yang luar biasa…

  7. Nice posting. Selain Mas iwan, ternyata Mas juga membuat saya berkaca dengan membaca cerita ini. Kuasa Allah ya, Mas.. Selama kita terus berbuat baik dan berusaha, Insya Allah selalu ada jalan tak terduga. Subhanallah.
    Keren Mas..

  8. Putri sangat beruntung mendapatkan keluarga di yayasan sayap ibu… mendapatkan orang tua yang tulus menyayangi… memperoleh sahabat-sahabat yang terus memberikan semangat… mendapatkan suami yang begitu indah hatinya… mendapatkan orang tua baru yang bangga kepadanya… masih banyak putri-putri yang lain… semoga kisah ini tidak hanya berhenti sebatas kisah indah putri dan reza…
    Ada banyak kisah yang membutuhkan kasih sayang kita… ada anak-anak cacat yang dibuang orang tuannya… ada anak-anak penderita kanker yang berjuang untuk terus hidup… ada anak-anak yang terlahir positif HIV & AIDS yang terstigma oleh keluarga dan masyarakat… ada anak-anak yang dilacurkan… semoga kita semua diberikan rizki dan kesehatan untuk bisa berbuat bagi mereka semua…

    • Setuju Mba Mila 100%, dilingkungan terdekatpun sebutulnya dengan mudah kita mendapatkan anak 2 dhuafa yang sakit berat (Indonesia banget) dan tanpa pertolongan dari orang2 mampu disekitarnya dan bahkan pemerintah lokal seolah menutup mata karena urusan birokrasi ataupun masalah anggaran, dan mereka akhirnya meninggal tanpa ada satupun yang acuh. Model kemanusiaan yang tren sekarang adalah model pencitraan dan imbal balik. Mudah2an cerita Putri dan Reza menjadi virus kemanuasiaan dan efek berantai tumbuh cepatnya rasa berbagi. Sementara bila kita menghela terus dengan potret kemiskinan di negeri ini tidak akan habis2nya, lebih baik berkarya yang kecil dengan tulus ikhlas dari pada kamuflase kemanuasiaan tapi tujuan akhir politik. Tapi kita percaya juga Allah punya skenario yang maha dahsyat untuk terus memberikan contoh2 disekeliling kita supaya menjadi manusia bertaqwa.
      Saya salut kepada para relawan2, kontributor kemanusiaan yang terus berjuang ditengah puing2 republik ini tanpa tanda jasa atau menjadi mati tidak terkenal Semoga kisah2 mereka pun jadi hidayah buat kita semua yang masih jalan ditempat. Amiin

  9. Inspiratif dan so touching story ya, mas Budi.

    Dari kisah yang mengalir tersebut memang begitu banyak orangtua yang malu dengan kondisi anak “yang tidak dikehendakinya” sehingga melepaskan tanggung-jawab nya. Padahal kelak di akherat, ortu tsb harus mempertanggungjawabkannya.

    Seandainya ortunya Putri Herlina banyak bersabar, pasti sekarang ia sudah merasakan bagaiman ber-besan dengan orang penting di negeri ini🙂

    • Betul sekali, Mas Iwan

      kisah inspiratif dan mengetuk rasa hati bwt orang2 yang normal. Saya yakin sekarang ortu Putri Herlina menyesal luar biasa!!, semoga diberi hidayah oleh Allah SWT dan segera bertobat.

      • Yang saya salut itu dengan keteguhannya Putri Herlina yang tidak ingin memakai tangan palsu, padahal sudah disiapkan dana. Ia ingin tampil apa adanya, hidup tanpa bergantung pada belas kasihan. Ia mencari uang sendiri, dengan keringatnya.

        • Rasa percaya diri yang kuat dan tidak ingin diistimewakan oleh orang lain, mendorong keinginan mandiri yg kuat juga. Salut juga buat Bu Naryo dan guru2nya yang membentuk karakter seperti itu.

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s