Panen Mangga

panen mangga

Pada periode bulan September sampai dengan Desember merupakan masa panen mangga. Diberbagai penjuru pasar tradisional dan pasar modern nampak pajangan buah mangga yang melimpah.

Mangga (Mangivera Indica)  termasuk buah yang populer di Nusantara, rasanya manis dan mudah didapat. Bahkan kita bisa melihat pohon mangga menjadi pohon peneduh di pekarangan-pekarangan rumah, selain pohonnya rindang juga panen mangga menjadi manfaat tersendiri buat pemilik rumah.

Mangga juga menjadi peluang komuditas ekspor yang menggiurkan, pada tahun 2010 tercatat panen mangga Indonesia sebanyak 1.28 juta ton tapi yang terserap untuk ekspor hanya 1.626 ton. Sentra perkebuan mangga banyak tersebar di pulau Jawa, untuk mangga gedong terdapat di daerah Indramayu, Majalengka dan Cirebon, sedangkan mangga Arum Manis bisa didapat dari daerah Probolinggo, Jawa Timur. Mangga Gedong dan Arum Manis memang menjadi jenis mangga yang paling banyak didapat di pasaran selain jenis lainnya seperti mangga gincu, manalagi, chery, golek dan cengkir.

Pada saat panen mangga, harga jual buah mangga Arum Manis bisa dikisaran 10 ribu sampai dengan 15 ribu/kg.

Selain rasa manis yang didapat dari mengkonsumsi buah mangga, juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain untuk :

  1. Penangkal Aneka Jenis Kanker. Kanker menjadi salah satu penyakit pembunuh terbesar bagi umat manusia. Mengkonsumsi buah mangga dapat membantu tubuh menangkal berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, payudara serta prostat. Ini dikarenakan, buah mangga mengandung senyawa penting yaitu quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat serta methilgallat.
  2. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat. Membiarkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh terus meningkat tentu berdampak buruk bagi tubuh. Solusinya yaitu dengan menyediakan buah mangga di daftar menu makanan anda. Kandungan serat yang cukup tinggi, pectin serta vitamin C dalam mangga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.
  3. Menutrisi Organ Mata Anda. Memiliki penglihatan yang lebih baik dan super jelas tentu impian semua orang termasuk anda. Kandungan vitamin A yang cukup melimpah dalam mangga sangat baik untuk indera penglihatan anda.
  4. Melindungi Organ Pencernaan Anda. Mangga merupakan salah buah yang kaya akan serat alami. Serat alami inilah yang mampu melindungi dan menyehatkan organ-organ pencernaan seseorang.
  5. Peningkat Sistem Imun Tubuh Anda. Perubahan musim serta cuaca yang tidak menentu menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai penyakit. Kandungan vitamin C, A serta 25 jenis karotenoid menjadikan mangga sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.
  6. Nutrisi Sempurna Untuk Kulit Anda. Ini dikarenakan dengan mengkonsumsi buah ini, maka berbagai kotoran yang menyumbat pori-pori kulit akan hilang serta membantu menghilangkan masalah kulit seperti jerawat.
  7. Penurun Berat Badan Yang Alami. Dengan mulai mengkonsumsi mangga  yang kaya akan vitamin dan nutrisi akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sehingga menurunkan nafsu makan berlebih anda.

Nah.. tunggu apalagi, mari kita berburu mangga di pasar-pasar tradisional ataupun di supermarket-supermarket supaya mendapat buah berasa manis dan lezat serta tentunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga puisi tentang mangga : Cintaku ada di setiap Arummanis

https://blognoerhikmat.wordpress.com/2013/11/05/cintaku-ada-di-setiap-arummanis/

6 thoughts on “Panen Mangga

  1. 😀 hahahaa jadi inget barusan tadi pagi makan mangga🙂 dapet dari ambil di sawah sebelah, soalnya sawahnya udah lama nganggur tapi di pematangnya masih ada beberapa pohon mangga dan kebetulan sedang berbuah :3
    Kalo baca fakta soal jumlah panen dan quantitas yang bisa dieksport rasanya miris, harusnya pemerintah dan masyarakat (juga) hrus meningkatkan kualitas dan membuat sstem yang baik biar mangga Indonesia bisa menjadi juara di perdagangan mangga dunia :p hehee

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s