AKU LELAH BERDAUN

SUMATRA ISLAND, INDONESIA - JUNE 27: A woman walks trough haze as a forrest fire burns bushes and fields June 27, 2013 in Siak Regency, Riau Province, Indonesia. The fires on Sumatra have caused record smog in Malaysia and Singapore. Sumatra has stepped up efforts to fight the fires to relieve the conditions. Eight farmers have been arrested for setting the fires on Sumatra Island. (Photo by Ulet Ifansasti/Getty Images)

SUMATRA ISLAND, INDONESIA – JUNE 27: A woman walks trough haze as a forrest fire burns bushes and fields June 27, 2013 in Siak Regency, Riau Province, Indonesia. The fires on Sumatra have caused record smog in Malaysia and Singapore. Sumatra has stepped up efforts to fight the fires to relieve the conditions. (Photo by Ulet Ifansasti/Getty Images)

Seperti baru kemarin saja aku dilahirkan

di tanah yang tak lagi subur, gembur dan kering

aku hidup seorang diri karena ibuku telah mati diterjang mesin

oleh angkara murka berhati iblis, si penebar maut penyabut nyawa

Aku hidup seperti zombie yang bergentayangan

pakaianku yang compang camping,

mukaku bopeng2,

wangiku seperti bangkai saja, seperti hidup selagi mati

Dilangit tempatku benapas, yang tersisa hanyalah asap  dan asap

semua memutih dan kabur, memandang tanahpun aku tak bisa

ditambah lagi panas terik, dan bau bangkai temanku  yang mati sia2

kulitpun melepuh tak terjamah air yang sudah lama tidak turun dari langit

Aku bisa menghitung daun2 napasku hanya beberapa lembar

yang tersisa seperti uang recehan dalam dompet bututku

pastilah napasku tersengal-sengal, pendek dan berat

di ujung dahan dan ranting hanya tersisa daun2 tua

Sudah cukup !

aku sudah lelah hidup, lelah berdiri, lelah bernapas

biarkan aku mati terbakar bersama jutaan temanku

Aku sudah lelah berdaun….

___________________

Puisi ini didedikasikan atas penderitaan mahluk hidup di pulau Sumatra dan Kalimantan, yang mengalami tragedi kebakaran hutan, akibatnya adalah polusi kabut asap terjadi dimana-mana, ada yang meyebutnya asap jambi, asap riau, asap Pekanbaru dll. Sampai puisi ini diterbitkan, kebakaran hutan masih terjadi atas ulah tangan2 iblis. Sudah banyak korban yang berjatuhan, jutaan pohon terbakar, jutaan manusia tercemar racun asap, jutaan mahluk hidup lainnya dalam kesengsaraan bencana ekologi. Sementara segelintir orang dengan ketamakannya, berusaha lari dari tanggung jawab, sementara yang lainnya hanya bisa saling menyalahkan.

Mari berbuat untuk hidup kita bersama, jangan sampai kita tidak bisa lagi bernapas di langit yang maha luas.

Salam kehidupan

blognoerhikmat

One thought on “AKU LELAH BERDAUN

tinggalkan jejak kata.....

