Batagor, baso tahu goreng kuliner Bandung

Batagor Isan

Mendengar nama Batagor Isan,batagor Riri, batagor kingsley dan batagor-batagor lainnya,pasti sudah tidak asing lagi sebagai kuliner Bandung yang terkenal bagi warga dalam dan luar Bandung. Sudah tentu, kitapun paham kalimat Batagor adalah singkatan dari baso tahu goreng. Namun pada postingan kali ini akan dibahas tentang asal usul batagor dan tempat-tempat kuliner batagor enak yang ada di Bandung.

Nama batagor mungkin tidak akan pernah ada kalau kejadian di tahun 1970, seorang pedagang baso tahu siomay keliling bernama Isan melakukan percobaan dengan dagangannya. Isan mendapatkan baso tahu siomay-nya beberapa kali bersisa, sehingga ia berinisiatif untuk menggorengnya supaya bisa dimakan kembali dan disajikan dengan kuah kacang baso tahu. Ternyata upaya tersebut berhasil, banyak orang yang suka dimulai dari para tetangganya, dan akhirnya Isan memutuskan untuk menjual gorengannnya yang disebut batagor. H.Isan sendiri telah wafat di tahun 2008, sedangkan usaha batagro-nya dikelola oleh generasi kedua dari keluarga H.Isan.

Batagor H.Isan bisa kita dapatkan di Jl.Bojongloa 38 Bandung, yang juga sebagai cilak bakal tempat kuliner batagor Bandung. Dan sekarang sudah berkembang menjadi belasan cabang di Bandung. Ditempat ini, batagor disajikan dalam dua alternatif sajian, yaitu kuah kering dan kuah baso. Untuk Kuah kering, batagor disajikan dengan kuah kacang yang terpisah, sedangkan kuah baso disajikan bersatu dengan kuah baso dan baso sebagai tambahannnya. Salah satu keunggulan batagor H.Isan adalah racikan menu batagor yang berasa ikan tenggiri dan renyah.

batagor isan2

Dalam pekembangannya, kuliner batagor berkembang pesat menjadi berbagai merk batagor lainnya. Para pengembang merk batagor berlomba-lomba menyajikan menu batagor dalam berbagai versi dan rasa, serta tempat resto yang dibuat modern dan nyaman. Sehingga jangan kaget bila harga satuan batagor di resto-resto tersebut agak mahal.

Nah, untuk mencari Batagor yang enak di Bandung, Berikut adalah merk dan tempat kuliner batagor Bandung yang di rekomendasi :

1.    BATAGOR H. ISAN
Jl.Bojongloa No. 38 Bandung  | Cabang: Jl. Cikawao No. 27A
Buka setiap hari pukul 8.00-19.00 WIB
Harga: Rp 1.500-Rp 8.500
Disajikan dengan bumbu kacang atau diberi kuah. Batagor disini sengaja tidak dipotong-potong. Bahkan, cara makannya yang lebih enak terutama untuk menggunakan bumbu kacang adalah menyelupkannya. Selain batagor, di kedai ini juga tersedia makanan lainnya seperti mi yamin dan es campur.

2.    BATAGOS YUNUS
Jl. Kopo No. 68 Bandung | Telp 022-6005242
Buka setiap hari pukul 8.00-21.00 WIB
Harga: Rp 1.700/potong
Terkenal dengan cita rasa bumbu kacangnya yang  pedas naming tersedia juga bumbu kacang biasa bagi yang tidak suka pedas. Selain itu, penyebutan somay di Batagos Yunus cireng. Hal itu karena somay yang dijual Batagor Yunus tidak menggunakan pangsit, hanya tepung kanji  dengan campurab ikan.

3.    BATAGOR DARTO

Jl. Simpang Dago no. 200 Bandung | Telp 022-2501412
Buka setiap hari pukul 9.00-21.00 WIB
Harga: Rp 2.500/potong
Konon dua minggu sebelum penyanyi asal Bandung, Nike Ardilla meninggal karena kecelakaan, ia sempat menyantap batagor di warung Batagor Darto. Batagor Darto sudah ada sejak awal 1980-an memang kerap dikunjungi selebriti ternama.
Harganya relative murah, membuat warung berlokasi disamping Pasar Simpang Dago ini diserbu kalangan mahasiswa. Selain bumbu kacang, penikmat makanan khas Bandung inipun bias memesan batagor kuah dengan campuran ceker ayam. Namun, batagor kering bumbu kacang menjadi favorit pembeli, tidak lain karena bias merasakan sensasi renyahnya somay ketika dikunyah.

4.    BATAGOR BURANGRANG

Jl. Burangrang No. 7 Bandung | Telp 022-7317894
Buka setiap hari pukul  8.00-20.00 WIB
Harga: Rp 7.000/potong
Bagi sebagian orang mungkin akan heran ketika mendengar batagor bulat. Kenyataan itu merupakan cirri khas Batagor Burangrang hasil invoasi sang pemilik.

5.    BATAGOR RAJA

Jl.Dr. Otten No. 11 Bandung
Buka setiap hari pukul 8.00-22.00 WIB
Harga: Rp 10.000/porsi (3 potong) | Rp 3.500/potong
Nama Batagor Raja diambil dari nama anak sang pemilik, Raja yang lahi pada 2007 yang juga merupakan tahun berdirinya Batagor Raja. Selain dapat menikmati sajian batagor bumbu kacang atau kuah, pengunjung juga bias berkaraoke gratis, lengkap dengan layar monitor 56 inch.

6.    BATAGOR LUCKY

Jl. Dr. Setiabudhi  (Foodcourt Borma)
Buka setiap hari pukul 10.00-20.00 WIB
Harga: Rp 15.000/porsi (3 potong) | Rp 5.000/potong
Berdiri pada tahun 1999. Saat ini, Batagor Lucky memiliki tiga cabang. Yang pertama di Bandung Electronic Center (BEC), Toko Rotiku Dago dan Food Court Paskal Hypersquare.

7.    BATAGOR RIRI

Jl. Burangrang No. 41 Bandung
Buka setiap hari pukul 9.00-20.00 WIB
Harga: Rp 8.000 per biji, Rp 80.000 per paket
Tidak hanya batagor, ditempat ini juga menyediakan jenis makanan lainnya seperti siomay, mi (pedas dan jamur), bubur ayam dan aneka minuman jus.

8.    BATAGOR Kingsley

Jl. Veteran No. 25 Bandung
Buka pukul 9.00-19.00 WIB (kamis libur)
Harga: Rp 6.000-Rp 20.000
Menunya ada bakso tahu goring, bakso tahu kuah dan siomay. Menu andalannya tentu saja bakso tahu goring. Disitu juga dijual aneka oleh-oleh khas Bandung.

Kalau buat yang malas keluar cari batagor yang enak di Bandung, boleh juga coba buat Batagor sendiri dengan resep Bartagor sederhana, silahkan dicoba.

RESEP BATAGOR BANDUNG SEDERHANA :

Bahan Untuk Membuat Batagor Bandung Sederhana
  • 50 ml santan encer
  • 15 lembar kulit pangsit, beli dipasar sudah jadi
  • 250 gram fillet ikan mas/ikan tenggiri, haluskan
  • 100 gram tepung sagu
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng dan menumis
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 1 butir telur
Bumbu Yang Dihaluskan Untuk Membuat Batagor bandung Sederhana
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan irisan bawang putih
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan kecap/kecap ikan
  • 1 sendok teh merica bubuk
Bumbu kacang untuk batagor bandung sederhana:
  • 1 sendok makan irisan bawang putih
  • 100 gram kacang goreng, digiling halus dulu
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan irisan cabai merah
  • 2 sendok makan gula pasir
  • jeruk nipis secukupnya, diperas airnya dulu
  • 200 ml air panas
  • kecap manis secukupnya
Cara Membuat Batagor Bandung Sederhana Dan Enak! :
  • Pertama silahkan campurkan ikan giling dengan bumbu yang dihaluskan diatas, minyak goreng, telur, tepung sagu, dan santan menjadi satu. Silahkan diaduk sampai rata.
  • Kemudian letakkan kulit pangsit, beri adonan tadi. lipat dan goreng hingga warnanya keemasan. angkat dan tiriskan.
Cara membuat bumbu kacang batagor bandung sederhana:
  • Pertama-tama silahkan Goreng cabai dan bawang goreng hingga harum. lalu Angkat setelah itu haluskan.
  • Lalu Campurkan bumbu-bumbu tersebut dengan air, kacang, gula pasir, dan garam.

Sumber : Infobdg.com, Vivalog, Youtube, Trans TV


Tags :

Asal usul Batagor, Baso Tahu Goreng, Batagor, Batagor H.Isan, Batagor Isan, Batagor Lezat, cari batagor Bandung, H.Isan, kuliner, Kuliner Bandung, Pelopor Batagor, tempat batagor Bandung

7 thoughts on “Batagor, baso tahu goreng kuliner Bandung

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s