Foto anak pengungsi Suriah yang mengguncang dunia

bocah pengungsi suriah
Beberapa hari terakhr ini, di berbagai media memuat Foto anak pengungsi Suriah yang mengguncang dunia. Foto balita yang tertelungkup di pantai setelah tenggelam mencerminkan kengerian memilukan dari tragedi kemanusiaan pengungsi Suriah. Meninggalnya balita dan keluarganya itu telah memicu protes di seluruh dunia.

Foto anak kecil yang diidentifikasi atas nama Aylan, terdampar di dekat pantai Bodrum, Turki. Usaha keluarganya menyeberangi laut ke Yunani telah merenggut semua nyawa keluarga. Ini menjadi pembahasan bersama dari seluruh dunia.

Anak kecil itu dilaporkan tenggelam bersama saudaranya yang berusia lima tahun bernama Galip, serta ibu mereka yang bernama Rihan. Sedangkan ayah mereka Abdullah Kurdi dilaporkan selamat.

“Aku datang ke laut dan aku takut. Hatiku hancur,” ujar nelayan lokal yang menemukan mayat tersebut di pantai.

Keluarga dari Suriah itu dilaporkan mencari suaka ke Kanada sebelum melakukan perjalanan, tetapi permintaan pengungsian mereka ditolak. Teema Kurdi, adik Abdullah yang tinggal di Vancouver mengungkapkan, ia telah berusaha untuk membantu mereka meninggalkan Timur Tengah.

“Saya mencoba untuk membantu mereka, tapi kami tidak bisa membawa mereka keluar, dan itulah yang menjadi penyebab mereka pergi menggunakan perahu, tutur Teema Kurdi.”

Pertama kali dirilis oleh media Turki, gambar tersebut telah menjadi tren di seluruh dunia dalam Twitter dengan tagar #KiyiyaVuranInsanlik.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam negara Uni Eropa, yang dinilainya telah mengubah Laut Tengah menjadi kuburan bagi pengungsi dan pendatang.

Dia juga menuding Eropa bertanggung jawab atas kematian setiap korban tewas di Laut Tengah.

“Negara Eropa mengubah Laut Tengah –tempat kelahiran peradaban kuno– menjadi kuburan bagi pendatang. Mereka bertanggung jawab terhadap kejahatan saat satu pengungsi kehilangan nyawa,” kata Erdogan dalam pidato di Ankara.

Turki saat ini menampung 1,8 juta pengungsi Suriah, yang berlindung dari perang. Negara itu juga berulang kali menuding Eropa tidak bertanggung jawab karena tidak mau berbagi beban dalam menampung pelarian.

“Negara Eropa, yang seringkali mematok kriteria hak asasi manusia dasar dan kebebasan, mengkhianati prinsip mereka sendiri,” kata Erdogan.

“Kami berpendapat bahwa tidak adil jika kami harus menanggung semua persoalan yang dunia hadapi,” kata Erdogan.

Berbagai komentar, bahkan karikatur seniman dunia mengenang kematian tragis bocah pengungsi Suriah, sebagai ekspresi kegetiran atas peristiwa tersebut.

2 thoughts on “Foto anak pengungsi Suriah yang mengguncang dunia

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s