Featured Image, fitur tampilan gambar di WP

Featured Image, siapa yang mengenal fitur tersebut di tampilan blog wordpress ?

Setelah sekian lama nge-blog di wordpress, kalimat Featured Image menjadi misteri. Definisi awal saya tentang featured image dari dulu adalah gambar yang direkayasa dengan tampilan gambar tersebut muncul di tema blog yang mendukung fitur tersebut. Seperti di beberapa tema blog WP akan mendukung featured image di halaman blognya.

Dalam tampilan header Twenty Eleven theme terdapat banyak gambar yang muncul berbeda-beda. Sebetulnya gambar tesebut bisa kita ganti sesuai dengan gambar yang kita inginkan, tentunya dengan syarat yang perlu di perhatikan. Gambar tersebut harus mempunyai ukuran minimum lebarnya 1000 piksel dan tinggi 288 piksel dan dapat diatur di Dashboard->Tampilan->Kepala Halaman, dan berikutnya tinggal pilih gambar yang diinginkan dengan ukuran tersebut. Tema blog lain yang mendukung featured image di tampilan halaman blognya adalah Visual theme, Forever , Splendio . Lihat kepala halaman blognoerhikmat (pakai tema splendio) berubah otomatis ketika mendeteksi ada featured image yang disisipkan dengan ukuran lebar image lebih dari 1000 piksel.

capture_twenty eleven

capture tema “twenty eleven”

Selain ditampilkan di halaman blog, featured image bisa juga disisipkan dalam setiap tulisan posting sebagai identitas posting, nah yang satu ini, pasti banyak Wp-ers mengabaikan karena merasa tidak perlu atau masih bingung buat apa manfaatnya. Pasti dengan menganggap gambar yang sudah disisipkan di halaman tulisan, itu sudah cukup.
Pengalaman saya dalam hal ini rupanya baru menegerti setelah membuat posting terntang related posts dalam satu perintah otomatis ” [display posts]” ada fitur yang bisa menampilkan thumbnail gambar posting. Supaya lebih jelas, saya akan tampilkan sbb :

[ display-posts image_size=”thumbnail” category=”ritel” posts_per_page=”4″ ]hasilnya adalah 4 posting terakhir kategori ritel. Ada 2 posting terakhir yang tidak ada featured image, ini menandakan tidak disisipkan featured image di kedua tulisan tersebut.

Bagaimana menyisipkan featured image ?

Ternyata hal ini sangat mudah sekali, di setiap suntingan tulisan, perhatikan di sidebar kanan ada kolom berisi tulisan ” Gambar fitur” atau “Featured Image”, kemudian klik “Tentukan gambar istimewa”, lalu pilih image yang berada di media atau upload image baru, selesai sudah !

featuredimage

capture menyisipkan “featured image”

Dan beberapa fitur tema blog yang mendukung featured image, hal ini terlihat lebih cantik lagi tampilan blognya, seperti tema baru dari WP yaitu twenty fourteen . Dimana featured image sangat di maksimalkan dengan konsep tema featured posts pada tema ini.

Selamat berkreasi.

my_signature

22 thoughts on “Featured Image, fitur tampilan gambar di WP

  1. sdh nyoba feature image mas, sdh bisa, keren, cuma mau coba ganti themes twenty fourteen, suka males benerin category.. entah apa yg salah di settingan saya, selalu tiap ganti themes, kategorynya berubah2 lagi

  2. Theme image yang keren kebanyakan yang premium & biasanya untuk blog premium juga. Eh, tapi kao ngubek2 koleksi wp, yg gratis juga banyak hehe…
    Salam piss!

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s