Belajar kreasi tulisan dengan HTML

html2

Belajar kreasi dengan HTML adalah hal yang baru buat blognoerhikmat, sepertinya rasa penasaran mengalahkan tingkat kesulitan yang harus ditempuh. Walaupun demikian konten blog tetaplah menjadi nilai yang paling penting dalam dunia blogging, dan tentunya masalah tampilan blog adalah aksesoris sebuah blog. Beberapa nara sumber blog WP telah dijelajahi sebagai sumber inspirasi dan ilmu baru dalam penulisan HTML. Sumber ilmu kreasi HTML saya dapat dari para suhu blog WP, yang begitu tulus memberikan ilmunya seperti :

Pada postingan ini sebenarnya adalah penulisan ulang beberapa cara penulisan HTML dari postingan blog Sulitnih, sehingga saat posting juga belajar membuat tulisan HTML. Untuk itu sebenarnya postingan ini masih terus di update dengan beberapa trik HTML kedepannya.

KODE WARNA HTML

Belajar penulisan HTML yang paling mendasar adalah teknik menulis dengan tulisan berwarna dan modifikasi yang sederhana sesuai kebutuhan posting, diluar fitur yang diberikan oleh WP. Untuk itu dibutuhkan tools tentang Kode Warna HTML, yang bisa didapatkan dari postingan  Om Kicau di sini

Penting !! : semua tulisan HTML akan muncul bila ditulis di halaman “teks”, bukan di halaman “visual”.

LAKUKAN PENGETIKAN SESUAI DENGAN CONTOH DI HALAMAN TEKS, LIHAT APA YANG TERJADI !

1. Hasilnya timbul warna lain sebagai background tulisan :

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha.

html1

2. Hasilnya semua tulisan merata dan berwarna tertentu dalam blok ini :

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha. Namun saya ingin jadi pengusaha. Saya bukan pelajar tapi saya harus banyak belajar. Saya harus bisa jadi sukses karena banyak belajar.

html2

3. Hasilnya gabungan dengan hasil no.1 dan no.2. Hanya lebarnya dibatasi dalam box dengan hurup warna yang berbeda, perhatikan ada 2 perintah text

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha. Namun saya ingin jadi pengusaha. Saya bukan pelajar tapi saya harus banyak belajar. Saya harus bisa jadi sukses karena banyak belajar

html3
4. Hasilnya terbentuklah seperti border yang mengelilingi tulisan.

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha. Namun saya ingin jadi pengusaha. Saya bukan pelajar tapi saya harus banyak belajar. Saya harus bisa jadi sukses karena banyak belajar

html4

5. Hasilnya terbentuk border dan box untuk suatu tulisan :

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha. Namun saya ingin jadi pengusaha. Saya bukan pelajar tapi saya harus banyak belajar. Saya harus bisa jadi sukses karena banyak belajar

html5

6. Hasilnya box dengan border dan dikelilingi tulisan lainnya :

Dunia orang-orang adalah dunia mayoritas sepanjang sejarah dunia. Itulah dunia nyata, dunia manusia sebenarnya. Yang diisi oleh orang-orang tak dikenal, yang sama rupanya, sama impiannya, sama sikapnya, sama kebahagiaan dan penderitaannya.

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha.

Orang-orang itu juga orang baik-baik, karena memang tak berniat berbuat onar. Taat pada pemerintah dan adat masyarakat. Orang-orang adalah orang yang kecil resiko hidupnya yang cuma dikenal oleh tetangganya. Orang-orang bukan orang jahat, tapi juga bukan orang suci. Hidupnya sekadar dijalani semampu mungkin agar dapat tetap bertahan hidup.
Pertanyaan muncul, salahkah bila kita bercita-cita menjadi orang SUKSES.. ?…. jawabnya tidak salah sama sekali. Hanya camkan pada posisi apapun adanya kita, yakinkan bahwa keberadaan diri kita bermanfaat bagi sekeliling.

html6

7. Hasilnya sama dengan no. 6. Suatu kelompok tulisan dan kelompok tulisan lainnya.

Dunia orang-orang adalah dunia mayoritas sepanjang sejarah dunia. Itulah dunia nyata, dunia manusia sebenarnya. Yang diisi oleh orang-orang tak dikenal, yang sama rupanya, sama impiannya, sama sikapnya, sama kebahagiaan dan penderitaannya.

Orang-orang itu juga orang baik-baik, karena memang tak berniat berbuat onar. Taat pada pemerintah dan adat masyarakat. Orang-orang adalah orang yang kecil resiko hidupnya yang cuma dikenal oleh tetangganya. Orang-orang bukan orang jahat,
tapi juga bukan orang suci. Hidupnya sekadar dijalani semampu mungkin agar dapat tetap bertahan hidup. Pertanyaan muncul, salahkah bila kita bercita-cita menjadi orang SUKSES.. ?…. jawabnya tidak salah sama sekali. Hanya camkan pada posisi apapun adanya kita, yakinkan bahwa keberadaan diri kita bermanfaat bagi sekeliling.
html7

Demikian beberapa contoh kreasi penulisan berdasarkan HTML, bila ada kesulitan membuat perintah HTML, Anda boleh melakukan kontrol dengan cara evaluasi inspect element pada tulisan yang dituju. Lakukan tekan kontrol-kanan dari mouse, dari situ anda pilih “inspect element”, lalu pelajari bahasa HTML nya, selanjutnya anda pilih copy-paste inner atau outer HTML di halaman teks.

Mempelajari teks HTML memang agak sulit, namun ini sebagai sharing ilmu sederhana saja, masih jauh dari sempurna. Mudah2an bisa berguna unutk pemula seperti saya dan anda sekalian.

28 thoughts on “Belajar kreasi tulisan dengan HTML

      • Berikut adalah contoh tulisan warna merah dengan pengaturan paragraf justify, dengan penulisan seperti ini akan terlihat rapih dan fitur ini tidak disediakan oleh WP.Berikut adalah contoh tulisan warna merah dengan pengaturan paragraf justify, dengan penulisan seperti ini akan terlihat rapih dan fitur ini tidak disediakan oleh WP.
        Belajar kreasi tulisan dengan HTML – berikut adalah tulisan dengan Warna huruf kuning, rata kiri dan kanan atau justify, spasi 1.1, dengan latar hitam tingginya 5 pixel dan lebar latar 400 pixel. Ternyata bisa di tulis juga di box komentar🙂
      • Jempol sadayanaaaa kangge kang Budi… Cemunguuuuud saur bhs barudak ayeuna mah nya Kang…
        SemangkA… Semangat karena Allah🙂

        Wilujeng enjing.. Wilujeng beratipitas (P)… Abdi mah bade peureum ayeuna mah.. Parantos tabuh 00:03 tah..
        *heuaaaay sambil ditutupan ku Bantal*

tinggalkan jejak kata.....

