Gerhana Bulan Penumbra

A partial lunar eclipse over Ajo, Arizona.
Photograph by Frank Zullo, Photo Researchers _ National Geographic

Tidak terasa hari ini tanggal 19 Oktober 2013 terjadi Gerhana Bulan Penumbra ( Penumbral Lunar Eclipse ), yang bisa di lihat di sebagian wilayah Indonesia bagian barat. Persisnya adalah  saat subuh  mulai pukul 4.45 wib s/d 8.45 wib dengan puncak gerhama pada pukul 6.50 wib. Bila dilihat di Amerika Serikat maka Gehana Bulan Penumbra bisa disaksikan pada matahari terbenam sore hari (saat Sunset) tanggal 18 Oktober 2013 (seperti foto diatas- diambil dari  daerah Arizona-sumber: National Geographic).
Gerhana Bulan Penumbra di wilayah Indonesia akan sulit terlihat jelas bila tidak menggunakan teleskop, apalagi di wilayah Indonesia terjadinya pada saat matahari terbit sehingga agak tersamarkan. Berikut peta dunia yang terimbas Gerhana Bulan Penumbra.

Sumber : National Geographic

Sumber : National Geographic

Sumber : NASA Eclipse Web

Sumber : NASA Eclipse Web

Gerhana Bulan Penumbra terjadi bila posisi Bumi berada di tengah-tengah antara Matahari dan Bulan, serta posisi bulan berada di area penumbra (lihat ilustrasi).

Sumber : stargazer.com

Sumber : stargazer.com

Yang menjadi pertanyaan saya adalah adakah hubungan Gerhana Bulan Penumbra tanggal 19 Oktober 2013 dengan suhu di beberapa kota di Indonesia yang makin panas ?, atau pengaruh perubahan iklim global yang lebih dominan ?.

Baca juga :

Meteor jatuh di Rusia

Tulisan Lain :

9 thoughts on “Gerhana Bulan Penumbra

  1. Subhanallah kereeen bangeet… moto dimana, Mas?
    Iya pas tanggal 19 panas sekali, sampai buka jendela begitu selesai shalat subuh.
    Mungkin ada kaitannya kali ya?karena saat tanggal 19 itu bulan dan matahari jaraknya dekat mungkin ya, atau cahaya bagus bulan itu sebenarnya karena nempel di matahari?

  2. wah .. kebayang andai bis amotret langsung gerhana bulan itu mas, aku pernah motret gerhana bulan di sini, cantik banget deh🙂

    belum bisa menjawab pertanyaannya nih

    • Posting ini karena tadi malam tidak bisa tidur, saking panasnya suhu udara, Jadi browsing apa yg terjadi di belahan bumi ini. Betul sekali bu Made, agak sulit terlihat apalagi ada hujan dan banyak awan.

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s