Pohon Pinang, sirup markisa asal Medan

markisa2Berawal dari memasok jus markisa kepada tukang cendol di pinggir jalan, Razali Chuwardi bertekad untuk mengembangkan usaha tersebut menjadi sebuah industri modern. Tekad itu, kini menjadi kenyataan. PT Majujaya Pohon Pinang-perusahaan penghasil jus markisa Pohon Pinang-menjadi pemimpin pasar di Sumatra.

Sejak pengolahan markisa dibangun oleh ayahnya 40 tahun lalu, Razali Chuwardi sudah ikut aktif dan terlibat menjajakan juice kepada tukang cendol di pinggir jalan. Waktu itu, lanjutnya, produksi jus markisa yang diproduksi sang ayah belum begitu dikenal masyarakat. Seiring berlalunya waktu, Razali Chuwardi, dipercaya sang ayah untuk meminpin usahanya.

Razali menilai berbagai merek jus markisa yang diproduksi ayahnya, harus disatukan menjadi satu merek yakni Pohon Pinang yang bernaung di bawah bendera PT Majujaya Pohon Pinang.

Markisa3Pemilihan nama Pohon Pinang, katanya, karena di Indonesia pinang sudah dikenal dan digunakan oleh orang tua zaman dulu bisa tumbuh di segala tempat. “Karena itu saat ini, kalau ingat pohon pinang kami berharap asosiasi fikiran orang tentu akan ingat jus markisa,” tuturnya.

Razali yang kini sudah berusia 61 tahun menyerahkan kendali usahanya kepada dua anaknya yaitu Gunawan Chuwardi (presdir) dan Peter Chuwardi (direktur). “Saya tinggal mengawasi perusahaan tersebut dan duduk sebagai preskom,” kata dia.

Tampaknya di tangan Gunawan Chuwardi, Majujaya Pohon Pinang berlari lebih kencang lagi. Pabrik modern dengan investasi Rp10 miliar di atas areal 1,5 hektare beroperasi sudah. “Kami sudah mengoperasikan mesin-mesin modern dan canggih antara lain mesin pembotolan dan tutup botol, pelabelan, dan mesin penyegelan botol yang bekerja secara otomatis.”

Mesin-mesin modern tersebut, tuturnya, dipasang untuk memenuhi target pasar yang tumbuh sekitar 40% per tahun. “Kami sudah lama menjadi pemimpin pasar di Medan sekitarnya. Saat ini pasar Sumatra sudah kami pimpin,” tuturnya.

Dia optimistis merek Pohon Pinang yang diusungnya akan menjadi merek nasional, karena pohon pinang dapat tumbuh di mana saja di Tanah Air ini. (*/dari berbagai sumber)

Sumber : Ciputra Entreupreunership

Baca Juga :

Elizabeth tas populer asal bandung

Kecap bango kecap warisan leluhur

2 thoughts on “Pohon Pinang, sirup markisa asal Medan

  1. Ping-balik: Kecap Bango, kecap warisan leluhur | blognoerhikmat

  2. Ping-balik: Elizabeth, Tas populer asal Bandung | blognoerhikmat

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s