Christine Ha, Masterchef Tunanetra

christine HaMasih ingat dengan program televisi stasion RCTI, Masterchef 2012 ?, yang akhirnya dimenangkan oleh Ibu Desi yang sehari-hari menjabat seorang direktur hotel di pulau Bangka. Program acara ini memang menjadi tren pemirsa tv di seluruh nusantara sehingga rating acara ini sangat bagus.

Program acara RCTI ini memang di buat secara local content, yang berlisensi dari stasion televisi Fox dari paman Sam. Acara yang menjaring seorang calon masterchef dari seluruh pelosok negeri ini dengan latar belakang tentunya beragam, mulai dari seorang seniman sampai ke seorang direktur atau CEO. Sehingga acara ini menjadi menarik karena pada setiap episodenya ada yang ter-eleminasi.

Di negeri paman Sam, acara Masterchef 2012 sudah memasuki session yang ke 3, jadi acara ini juga masih relatif baru. Dan pada Masterchef session 3 ini ada yang perlu kita apresiasi karena pemenangnya adalah seorang wanita muda berumur 30 tahun, Christine Ha, seorang penyandang tunanetra !!.

Christine Ha adalah seorang wanita keturunan Vietnam-Amerika dengan nama Vietnamnya Hà Huyền Trân yang memiliki karakter luar biasa tapi sangat rendah hati dan sederhana bahkan seringkali dalam penampilannya ia selalu kurang pede saat akan diumumkan siapa yang akan tereliminasi, sehingga seringkali juri member nasihat untuk percaya diri akan kemampuannnya yang luar biasa.

ch2Kebutaannya memang bukan dibawa sejak lahir, pada kurun waktu 1999-2007 penglihatannya mulai berkurang akibat penyakit autoimun yang biasa disebut Neuromyelitis Optica. Dalam skala kebutaan Chaterine Ha mendapat nilai 20/200 artinya dia masih dapat melihat bayangan samar-samar object dalam jarak 10-12 inchi dengan pencahayaan yang terang. Selain itu, ternyata Christine Ha telah menyandang Bachelor of Business Administration degree in Finance/MIS from University of Texas at Austin in 2001 and a Master of Fine Arts degree for creative fiction/nonfiction at University of Houston‘s Creative Writing Program in 2012. Sementara pekerjaan sehari-harinya adalah Editor Fiction di Gulf Coast Journal serta menjadi kontribitor beberapa majalah.

Dari kekurangannya, Christine Ha bisa membuktikan bisa berkompetisi dengan orang normal dan bahkan menjadi juara. Satu bukti lagi bahwa kekurangan tidak menjadi penghalang sukses !.  Christine Ha menjuarai Masterchef session 3 ini dengan menggondol hadiah $250.000 dan kontrak di sebuah majalah resep makanan setelah mengalahkan Josh Marks dan 100 kontestan lainnya.

ch3

Referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Christine_Ha

http://www.facebook.com/MC3Christine

http://www.christineha.com/

13 thoughts on “Christine Ha, Masterchef Tunanetra

  1. Ping-balik: Putri Herlina , Sang Inspirasi dan Perkawinannya yang mengharukan | blognoerhikmat

  2. Kalo Gtu mah udah ahli sebelum tunanetra dunk, tggl menyesuaikan dengan keadaan sekarang aja tuh.. Krn dg mencium saja sudah dapat membedakan jenis2 bumbu, ya too…?

    • iya mas Yan….sepertinya sebelumnya sudah handal, tapi tetap saja rintangannya gak sedikit dan esensinya adalah berusaha berjuang sukses itu yang sedikit dimiliki orang2 sperti kita dgn kesemprnaannya …

  3. keren. kayaknya pernah liat juga liputan singkatnya di tv. dia emang masih bisa ngeliat tapi dia bilang pandangannya kayak ngeliat dari ‘kaca kamar mandi yang burem’. tapi bisa jadi juara gitu ya.. ebad.

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s