2013 – Shio ular akan berjaya ?

ularJAKARTA – Sesuai dengan tahun kelahirannya (1941, 1953, 1965, 1977, 1989), manusia bershio ular akan menangguk sukses di tahun depan. Terutama, yang lahir dengan elemen air (1965).

Ini merupakan tahun yang menyenangkan. Berbagai dukungan datang, bukan hanya dari rekan lama, tapi juga mitra-mitra baru. Bisnis dan karir akan mulai menapak di jenjang menanjak.

Manfaatkanlah kondisi ini unttuk meraih sukses. Sebab peluang akan datang silih berganti. Tapi tetaplah behati-hati, sebab ada peluang yang mengandung risiko tinggi.

Sepanjang tahun perjalanan Anda akan dilalui dengan nyaman. Tapi Anda harus waspada di bulan November. Soalnya akan ada aral yang menghambat bisnis dan karir. Perlu diperhatikan, seperti apa sebenarnya mitra yang Anda andalkan selama ini.

Berdasarkan shio, 2013 merupakan tahun ular air yang penuh dengan ketidakpastian. Tapi, ada beberapa sarana investasi yang bakal digandrungi banyak orang. Seperti apa?

Mike Rini Sutikno, perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) memperkirakan, banyak orang yang akan menggandrungi emas dan reksadana pada 2013. Sebab, harga kedua sarana investasi itu sudah terjangkau saat ini dan memberikan imbal hasil investasi yang cukup menguntungkan.

Syaratnya, kata dia, baik emas maupun reksadana, disimpan dengan horizon waktu yang cukup lama. “Contohnya, emas. Saat ini harga emas kembali melemah ke harga asalnya, di level Rp500-an ribu per gram,” katanya kepada wartawan.

Karyawan yang baru menerima Tunjangan Hari Raya (THR), lanjut dia, bisa menyisihkan uangnya untuk membeli emas. “Lalu, pada 2013 bulan Maret, biasanya ada pembagian bonus dari perusahaan. Bisa juga untuk beli emas,” ujarnya.

Target keuntungan dari emas, lanjutnya, lebih tinggi dari inflasi. Menurut dia, jika beras dan gula naik yang jadi pendongkrak inflasi, harga emas pun naik. Berdasarkan perhitungan dia, jika inflasi naik ke 5%, harga emas bisa naik 6-7%. “Kecuali, jika ekonomi gonjang-ganjing atau ada perang, harga emas dipastikan melonjak,” ungkap dia.

Jelang pemilu 2014, Mike menjelaskan, ekonomi biasanya mengalami tekanan dan berpengaruh pada harga emas dan saham. Begitu juga dengan pasar financial pada umumnya. “Jika terjadi tekanan pada ekonomi, harga emas biasanya naik saat pasar modal Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan rupiah mengalami penurunan,” tuturnya.

Sementara itu, target keuntungan reksadana sangat tergantung pada jenisnya. Menurut dia, masing-masing jenis bisa dibeli sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan. “Jika horizon kita pendek, kita menggunakan reksadana pasar uang,” katanya.

Untuk jangka menengah, dia menyarankan untuk memilih reksdana pendapatan tetap (fixed income) dan untuk jangka waktu di atas 5 tahun, pilihlah reksadana saham.

Mike merekomendasikan emas dan reksadana sebagai sarana investasi 2013. Pasalnya, dari sisi harga terjangkau oleh kebanyakan orang. “Reksadana, ada yang harganya di level Rp250.000, dan ada yang Rp500.000 dan yang Rp100.000 pun ada,” ucap dia.

Positifnya prospek reksadana, lanjut dia, seiring kenaikan asumsi atas Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dengan outlook yang cukup kuat di atas 6% pada 2013. “Ini akan berpengaruh pada kinerja produk-produk investasi termasuk emas dan reksadana,” tuturnya.

Keuntungan dari reksadana, tergantung dari jenis reksadananya. Reksadana pasar uang, underline asetnya adalah Surat Berharga Pemerintah. “Karena itu, potensi return-nya antara bunga deposito bank hingga surat berharga pemerintah sekitar 8% per tahun,” ujarnya.

Sedangkan reksadana pendapatan tetap merupakan kombinasi antara surat utang pemerintah, dengan obligasi swasta. Biasanya, keuntungan reksadana jenis ini sebesar 10-14% per tahun.

Untuk reksadana saham, Anda mungkin harus untuk investasi jangka panjang 5-10 tahun. Jika dihitung rata-ratanya per tahun, reksadana saham bisa memberikan keuntungan 25-30% dengan syarat 5-10 tahun.

Begitu juga dengan keuntungan reksadana campuran yang kurang lebih sama dengan reksadana saham antara 25-30%. “Hanya saja, keuntungan reksadana campuran kurang sedikit dibandingkan return dari reksadana saham,” tandas dia. Investasi lain yang bagus adalah properti. Tapi, ini tidak bisa dijangkau oleh semua orang.

Sementara itu, investasi saham (bukan reksadana), Mike menilai lebih rumit dibandingkan reksadana. “Saham hanya direkomendasikan kepada orang yang memang punya waktu untuk bisa selalu mengamati pasar sehingga bisa mendapatkan gain dari selisih nilai jual-beli dari tiap trading yang dia lakukan secara regular,” tegas dia.

Dari sisi risiko, reksadana pasar uang adalah yang paling konservatif. Return-nya kecil tapi paling aman. Sedangkan reksadana saham, risikonya tinggi, tapi potensi return on investment-nya juga tinggi. “Risiko emas, reksadana, dan saham tidak bisa dibandingkan, tidak apple to apple,” timpal dia.

Sebab, emas merupakan aset keras sedangkan saham dan reksadana adalah aset kertas. Saham dan reksadana, hanya surat pernyataan memiliki. “Risiko emas adalah bisa hilang dicolong orang atau tergores. Kalau soal harga, emas termasuk aset keras yang cukup tahan,” papar Mike.

Di atas semua itu, dia menyarankan, sebelum membeli produk investasi baik emas, reksadana, maupaun saham, pemodal menetapkan terlebih dahulu tujuan investasinya. “Jangan tahu-tahu beli emas. Tentukan, mau dapat target return investasi di berapa—ingin mendapatkan keuntungan dari selisih jual beli atau keuntungan tiap bulan atau tiap tahun,” imbuhnya.
(dat16/inilah)

Sumber berita : WASPADA ONLINE

4 thoughts on “2013 – Shio ular akan berjaya ?

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s