6 Kebutuhan Manusia yang Mempengaruhi Dunia Marketing

tungdsmTung Desem Waringin  | Ada enam kebutuhan manusia yang paling penting yang dapat membangkitkan keinginan seseorang untuk melakukan suatu tindakan, mengambil keputusan hingga melakukan pembelian. Anda harus mempelajari enam kebutuhan manusia tersebut sehingga dapat melakukan strategi marketing yang tepat dan banyak orang yang melakukan pembelian.

Enam kebutuhan manusia yang harus Anda pelajari dan pahami, yaitu:

1. Manusia Membutuhkan Kepastian dan Kenyamanan
Dalam setiap segi kehidupan, manusia membutuhkan kepastian dan kenyamanan termasuk dalam membeli suatu barang atau jasa. Maka sebagai pebisnis, Anda dapat menerapkan prinsip kebutuhan tersebut dengan cara memberikan garansi uang kembali jika pembeli tidak puas dengan barang atau jasa yang dibelinya.

Selain itu, Anda membuat display yang menarik plus penawaran yang sensasional agar produk dengan harga jauh lebih mahal tetapi dibeli karena mengandung faktor kepastian dan kenyamanan.

2. Manusia Membutuhkan Variasi atau Ketidakpastian
Anda bisa membuat suatu produk atau jasa yang berbeda dari yang lainnya agar konsumen tidak cepat bosan dengan produk yang Anda jual.

3. Manusia Membutuhkan Kebutuhan akan Kesamaan, Love, Connection, atau Relationship
Jika dalam iklan, Anda menuliskan “Ini adalah produk terlaris” maka ada kecenderungan orang lain untuk ikut-ikutan. Hal ini paling tepat untuk tipe orang yang bingung dalam mengambil keputusan maka dengan iklan tersebut, mereka akan lebih mudah mengambil keputusan.

4. Manusia Membutuhkan Sesuatu yang Eksklusif atau Berbeda
Anda dapat melakukan penawaran dengan memberikan info bahwa produk yang Anda jual adalah produk terbatas sehingga harganya bisa dipatok lebih tinggi. Walaupun harga dipatok lebih tinggi atau mahal, banyak orang berani untuk membeli produk tersebut karena mereka ingin terlihat berbeda dari orang lain.

5. Manusia Membutuhkan Sesuatu untuk Menjadi Lebih Baik
Misalnya, Anda bisa membuat iklan seperti ini: “Sudah saatnya Anda mengganti mobil dengan yang lebih baik.” Dengan membeli mobil yang lebih baik, seseorang akan merasa tingkat kehidupannya semakin membaik.

6. Manusia Membutuhkan Rasa Berarti (Bermakna) dalam Hidupnya
Hal ini bisa diwujudkan dalam bentuk memberi sumbangan kepada orang lain. Contoh iklan yang bisa digunakan untuk hal ini adalah: “Dengan membeli produk ini, berarti Anda sudah turut menyumbang fakir miskin dan korban bencana alam.”

Sumber berita : Okezone Economy

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s