Inovasi IT dunia ritel

Sudah hampir 3 bulan lamanya blognoerhikmat ini terkapar tidak terurus, berhubung si empunya blog ini sedang fokus ke hal yang kritis (hehehe….ngeles/males.com). Mohon maaf juga buat sahabat bloger yang selama berseliweran dan bahkan memberi tugas PR yang tidak dibuat, khususnya dari pa.Ustad Azzet dan juga buat sahabat My top 6 recent commenters, Yisha, Nandobase, bensdoing, Noer, djakarta182, Irfan Hadi serta Dhenok Habibie yang memberi semangat ngeblog lagi – thanks all🙂

Tapi memang rasa kerinduan silaturahmi dan saling berbagi rupanya sudah tidak tertahankan. Nah untuk kali ini akan mengulas mengenai Inovasi IT dunia ritel. Dengan semakin tajamnya persaingan dunia ritel, para peritel dunia semakin dituntut memberikan rasa kepuasan konsumen makin tinggi baik itu kualitas produk, update barang baru, layanan dan atmosphere toko secara keseluruhan.

Berikut ditampilkan beberapa inovasi dunia ritel dari berbagai ritel-ritel ternama di dunia untuk memanjakan konsumennya.

1. Tesco_Home Plus Subway Virtual Store (Korea)

Tesco adalah peritel asal Inggris yang membuat outletnya di Korea, mereka sudah mempunyai fasilatas belanja online HomePlus, tetapi tetap saja kendala mereka tetap sulit bersaing dengan kompetitornya. Dari hasil riset mereka tentang kebiasaaan orang Korea adalah cara belanja mereka rata-rata hanya satu kali seminggu dan mereka dalam bekerja mayoritas menggunakan Kereta Subway. Dari riset ini, mereka akhirnya memutuskan membuat banner foto display produk sama seperti toko Tesco ditempel di Subway!!. Hasilnya menakjubkan dengan gambar produk yang membuat penasaran dan akhirnya orang-orang membuat transaksi lewat belanja online HomePlus hanya dengan men-scan barcode yang ada di banner display menggunakan smartphone. Dari hasil inovasi ini Tesco menjadi toko online no.1 di Korea.

2. RFID (Radio Frequency Identification Device)

Pengelolaan inventori barang di toko sampai sekarang teknologi yang paling sudah umum digunakan adalah barcode, baik pengelolaan gudang dan transaksi konsumen di mesin-mesin kassa menggunakan scaner. Tapi tahukah anda bahwa sekarang di Amerika peritel sekelas Wal Mart serta di beberapa negara maju sudah mengembangkan teknologo RFID untuk pengelolaan inventori dan indentifikasi. Contoh simpelnya adalah bila anda berbelanja di supermarket cukup banyak misalnya sampai satu troly besar, maka ketika melewati check out conter, sang kasir tidak perlu men-scan semua barang belanjaan anda, tapi dengan chip yang ditempel di barang belanjaan telah mengeluarkan frekuensi dan secara otomatis jumlah uang yang harus dibayar akan tertera dalam hitungan detik!!. Bisa dibayangkan betapa efektifitas dan efisiennya untuk mengurangi antrian kassa dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Begitu juga RFID bila diterapkan di manajemen gudang, akurasi dan penggunaan orang akan lebih efisien sehingga tidak perlu lagi menghitung secara fisik untuk keluar masuk barang ataupun untuk keperluan stok opname barang. Sebenarnya teknologi RFID juga diterapkan dan dikembangkan untuk kepentingan intelejen, pengamatan dan keamanan.

Untuk lebih jelasnya tentang RFID boleh baca disini.

3. Virtual Store

Virtual Store, merupakan konsep toko masa depan dengan tidak perlu mendisplay fisik barang di toko, tapi hanya memasang panel-panel layar touch screen yang sudah berisi gambar 3 dimensi dan fitur-fitur aksesorisnya yang memanjakan konsumen, well mungkin ini masih jauh dari kenyataan tapi inovasi toko tidak pernah berhenti untuk satu hal yaitu “Kepuasan konsumen yang tak terbatas”.

Dari semua inovasi IT dunia ritel ini mungkin kita yang di Indonesia masih harus bersabar untuk sampai disini karena penggunaan teknologi yang harus menyesuaikan dengan tingkat kemakmuran dan kebiasaan konsumen yang sudah bisa disentuh oleh teknologi ini, tapi untuk bermimpi sah-sah saja🙂

52 thoughts on “Inovasi IT dunia ritel

  1. Ping-balik: Teknologi RFID dipakai PERTAMINA sebagai pengendali BBM | blognoerhikmat

  2. rumahnya baruuu euy. . .

    masih sibuk, mas?😉
    dunia IT memang sekarang perjalannya sangat cepat, belum nyoba kereta dorong eh, udah ada kereta terbang.😆

    sukses dan tetap semangat untuk mas noer. ^_*

  3. sudah lama juga saya ga bisa maen kesini karena kesibukan juga mas …
    btw ni tampilan baru ya mas …
    semakin keren aja …
    terus semangat mas untuk terus bisa berbagi …🙂

  4. Orang luar kalau jualan canggih2 ya. Cukup menscan produk di banner pakai hp tahu-tahu akan sampai dirumah kita keesokan harinya. Persaingan sengitkah yang membuat mereka terus berinovasi ataukah kemampuan mereka dalam menemukan hal2 baru yang bikin gak tahan kalau tak menelurkan kreasi baru untuk menarik pelanggan? Apapun lah..teknologi jualan seperti ini semoga cepat kita tiru hehehe…kayaknya keren

  5. Idenya Tesco sangat inovatif, ya. Dan menurut saya tidak perlu teknologi luar biasa untuk menerapkan metode barcode ini. Yang perlu dilakukan cuma menambahkan aplikasi scan barcode pada smartphone yang terkoneksi langsung dengan situs dan server milik pe-ritel.
    Kalau RFID sepertinya memang terlalu tinggi tekhnologinya, karena harus memasang radio transmisi pada setiap item yang dijual. Kalau radionya mati, berarti tidak terbaca pada cash register, dong. Akibatnya pelanggan mendapat barang gratis tanpa disadari siapapun. Wkwkwkw…..

    • betul mas Nando, saya juga lebih tertarik dengan konsepnya TESCO, apalagi sekarangkan Smartphone sudah banyak, tinggal tempel gambar display dimana-mana….jreng…orderan online makin banyak🙂

  6. welcome back brader…🙂
    btw luar biasa sekali tekhnologi retail di dunia barat…lagi2 kita hanya bisa mengimpikannya saja dulu….!🙂
    thx ya namaku majang di postingan ini !

  7. inovasi yang tiada henti ya gan Bud…
    mungkin kedepanya di pasar tradisional dekat tempat tinggal saya juga akan berinovasi menggunakan teknologi RFID….. mungkinkah ??

    iya ne gan Bud kemana aja… ??

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s