Life without Limits

Apa yang kita pikirkan bila melihat orang cacat semisal orang tanpa tangan, orang buta, dan lain sebagainya, pasti yang ada dalam dalam benak kita adalah ketidakmampuan, kasihan, perjuangan hidup atau betapa beruntungnya kita dengan kesempurnaan dibanding mereka ?. Mungkin hal itu pandangan sempit tentang mereka yang cacat, padahal begitu banyak figur-figur yang bisa menjadi teladan, salah satunya adalah sosok Nick Vujicnic [baca = voy-a-chic] (29). Nick sejak lahir tidak dianugrahi 2 buah tangan dan kaki, suatu jenis kecacatan yang sulit dibayangkan bagaimana orang tuanya membesarkan dan mendidiknya kelak.

Nick yang terlahir cacat pastilah juga punya keinginan dan harapan seperti anak laki-laki normal pada umumnya, ingin berenang, bersepeda, bermobil, punya pacar dan nikah. Pada periode SMA, Nick juga hampir putus asa dan ingin mengakhiri hidupnya karena merasa tekanan rendah hati, ketidakbergunaan dan selalu menjadi belas kasihan orang lain terutama orang tuanya yang terus menerus memberikan perhatian lebih dibanding adiknya. Saat itu pada suatu kesempatan Nick hampir saja bunuh diri dengan membenamkan mukanya dalam bathtub, namun dalam perang batinnnya ia menemukan satu hal yang selalu diingat bahwa Tuhan pasti punya rencana besar dalam hidupnya yang serba terbatas dan apapun yang dilakukannya pasti Tuhan akan selalu menerimanya. Dari situlah kekuatan batinnya makin menunjukkan kelebihan dari yang lain, Nick yakin bahwa dengan cacatnya pasti ada yang bisa dia bagikan kepada orang lain dalam usaha memaknai hidup dan perjuangan dengan keterbatasan.

Dengan dukungan orang tuanya dan pengalaman hidupnya yang serba terbatas, Nick mulai belajar berbicara didepan umum untuk memberi inspirasi hidup bercerita tentang pengalaman dirinya, dimulai di depan kelas kemudian berhadapan dengan murid-murid satu sekolah sampai akhirnya ia menjadi sangat mahir untuk memberi motivasi dan pencerahan di depan umum bukan hanya di sekolahnya tapi juga memenuhi undangan-undangan di seluruh dunia!!.

Dengan ketekunannya dan kemandiriannya, Nick mampu menjaga dan merawat diri sendiri. Ia mampu menggosok gigi, menyisir rambut, bercukur, dan bahkan hobinya berenang, mancing dan bermain sepak bola. Bahkan Nick berhasil menyelesaikan studinya dan memperoleh gelar Bachelor o Commerce bidang akuntansi, suatu prestasi yang penuh tantangan yang tidak sedikit.

Pengalaman hidupnya dia tulis dalam buku pertamanya No Arms, No Legs, No Worries !!  dan telah merampungkan buku terbarunya berjudul Life Without Limits, yang sudah bisa kita dapatkan di toko-toko buku di Indonesia. Buku Life Without Limits bercerita mengenai proses Nick terlahir yang serba terbatas sampai dia memperoleh sukses yang dilaluinya tidaklah mudah. Satu hal yang saya menarik ketika membaca bab pertama buku ini adalah mengenai ” Kalau kau tidak menemukan Mukjizat, jadilah Mukjizat”,  benar sekali dalam kehidupan ini terkadang kita berdo’a kepada Sang Pencipta untuk diberikan mukjizat dalam hidup sehingga kita mudah dalam menghadaoi cobaan dan hambatan hidup padahal Tuhan telah memberikan akal dan pikiran untuk menjadi mukjizat bagi diri kita dan orang lain. Dari buku ini pun terlihat, ternyata Nick adalah orang yang periang dan humoris, seperti ia ceritakan ketika pengalaman memberi motivasi ke Indonesia tahun 2010, ia berkelakar “Bagaimana kalau tubuh saya yang mungil ini masuk kedalam loker bagasi pesawat, saya ingin melihat reaksi penumpang yang membuka loker ini !!”, terbayang sahabat-sahabat semuannya bagaimana rasa kaget dan heran ketika para penumpang yang membuka pintu bagasi…..hahahaha…ada-ada saja si Nick ini.

Nah Sekarang, kita boleh refleksikan dengan kesempurnaan yang kita punyai, apakah kita bisa menjadi Mukjizat buat diri sendiri dan orang lain ??

68 thoughts on “Life without Limits

  1. Ping-balik: Putri Herlina , Sang Inspirasi dan Perkawinannya yang mengharukan | blognoerhikmat

  2. inspiratif…
    saya yang sehat, tubuh lengkap, harus malu nih.. mereka yang punya keterbatasan saja bisa mengubah dunia, lha saya?😦

    referensi lain: ammar bugis. *two thumbs up for him*

  3. Nick memang orangnya sangat inspiratif, saya pernah bertemu langsung dengan orangnya dan di matanya sama sekali tidak ada kesedihan ataupun kekesalan karena tubuhnya yang seperti itu. Segalanya dia lakukan dengan rasa bersyukur, nice article🙂

  4. Allah Maha Besar dengan segala karunia-NYA…

    sepertinya nick lebih sempurna ya mas, dari pada kita-kita yg lengkap segalanya tapi kurang bersyukur dan tidak berusaha dalam hidup.

  5. Subhanallah … Inspiratif betul🙂
    Satu lecutan semangat untuk kita yang masih diberi “sesuatu” yang lebih dari Nick … Mencerahkan.

    salam kenal,
    izin tukar link yaaa😀

  6. Jika tak menemukan mukjizat, jadilah mukjizat..Ya..ya…aku setuju sangat dengan si Nick Mas..Usianya masih muda, banyak keterbatasan, tapi berhasil menginspirasi dunia. Dia pasti amat di berkati oleh Allah. Dan pastinya berkat itu dia pula yg mengusahakan

  7. Tuhan benar-benar maha adil..
    Info yg inspiratif bagi kita yg memiliki kondisi sempurna, namun mengabaikan nikmat ini. Semoga kita jg diberi kemudahan dalam menghadaoi cobaan dan hambatan hidup …

  8. subhanallah. ini sebuah teladan dan motivasi yang bagus untuk siapa saja yang pingin sukses. Nick, dengan segala kekurangan yang ada dalam dirinya, bukan halangan untuk mewujudkan sesuatu yang mustahil. sungguh layak apabila potret keberhasilnnya dijadikan sebagai rujukan motivasi bagi semua kalangan.

  9. saya pernah nih dikasih lihat videonya…
    menginspirasi memang, kalau sampai yang sempurna saja bicara hidupnya serba susah, malu…

  10. melihat video dari nick memang luar biasa, dgn segala keterbatasan dia jalani hidup dan begitu di negeri kita ini banyak seperti dia yg tanpa kita sadar sering menemukannya diberbagai penjuru nusantara yang bertahan dan semangat untuk hidup🙂

    • setuju sobat Aulia…..di negeri ini saja, yang cacat tapi terus mengarungi kehidupan yang keras masih banyak, hanya sayang seringkali mandeg karena orang normal pada buta melihat semua ini😦

  11. salut dengan semangatnya, dari keputus asaan bangkit jadi orang yang sukses…

    ” Kalau kau tidak menemukan Mukjizat, jadilah Mukjizat”, sangat menginspirasi gan..

  12. kita harus malu jika sampai menyerah dan tidak berusa dalam hidup ini…… apalagi kita dikaruniai tubuh yg sempurna ya kan sobat?

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

  13. Saya lama bergaul dengan orang-orang cacat yang memiliki semangat hidup tinggi untuk menggapai cita-citanya

    sebuah semboyan, kecacatan bukan penghalang untuk berprestasi. banyak juga dari mereka yang dapat menjalani hidup dengan layak tanpa tergantung dan menggantungkan beban hidup mereka pada orang lain

    salah satunya yang saya kenal adalah SUGENG KAKI PALSU

    salam dari pamekasan madura

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s