Apresiasi blog sastra puisi di akhir tahun 2011

Menutup tahun 2011, ada rasa yang tertinggal untuk  membuat suatu postingan tentang apresiasi beberapa blog sahabat, terutama yang berkiprah dalam bersastra puisi atau sajak. Dalam perjalanan blognoerhikmat melakukan blogwalking sastra puisi  selama 2011, telah mendapatkan oase sastra yang tak terhingga. Saking gemarnya membaca puisi, blognoerhikmat sedari awal telah membuat blogrol puisi, yang berisi daftarblog penyair puisi dan sastra. Dan merekalah yang membangkitkan selera bersastra puisi sehingga ekplorasi kata dalam ber-puisi memang seperti tak bertepi. Kami sadar, bahwa kami memang bukan penyair sejati yang sudah berkarya dengan buku antologi puisi dan dijual di toko-toko buku, kami hanya penggemar puisi yang menahtakan penyair pada dirinya sendiri.

Setidaknya ada 4 nama penyair yang selalu eksis fokus berkarya blog puisi dan berteman komen blog atau berlanjut pertemanan lewat situs jejaring facebook, blog puisi  sahabat itu adalah sebagai berikut [saya urutkan sesuai dengan histori pertemanan] :

Oriie Rianzi

oriie rianzi

1. Orijrs, blog bertajuk Five 29 Rocks alias Coretan hati, nama pemilik blog ini adalah Oriie Rianzi, puisi yang oriie buat, banyak menorehkan kata cinta, terutama kalau sudah melirih maka dia jagonya, bahkan seperti tak habis-habis berpatah hati. Orrie akan sulit terhapus begitu saja oleh blognoerhikmat karena blog inilah yang memberi apresiasi pertama tentang karya puisi blognoerhikmat. Dalam sepengetahuan saya, tampilan blog orrie pun selalu berubah tema untuk metamorfosis menjadi tampilan yang narsis, mungkin sesuai dengan usianya [lihat saja hair modelnya….wet..wet]. Penataan karya puisinya, oriie susun rapih dalam beberapa tags, misalnya puisi patah hati, puisi, puisi curhat dan sebagainya. Salah satu ciri khas blog puisi Oriie adalah disetiap karyanya selalu terselip link-link karya Oriie sendiri. Dan lagi-lagi pencarian cinta yang di ukir dalam karya diakhir 2011 bejudul “Doaku Untukmu” sebuah pemaknaan doa cinta yang “….dikirim menggunakan hati”.

astrid suryapringga

2. Cahayadejavu, blog bertajuk Cerita mimpi dan puisi, pemilik blog ini adalah Astrid Suryapringga, seorang penyair wanita cukup subur dalam berkarya bahkan blognoerhikmat pun berlangganan puisinya lewat email. Karya puisinya sangat khas dengan dejavu-dejavu yang mengembara bertopeng wajah yang ia deskripsikan sebagai pengalaman pribadi atau juga fikitif belaka, seperti ilustrasi tentang dirinya dengan kata-kata “hanya menulis perjalanan mimpi, dan sketsa tentang rasa dihati” . Heningnya malam selalu menjadi inspirasi kental untuk mba Astrid untuk terus bermimpi, rapih dalam tautan kata dan kaya akan perbendaharaan kata, seperti kita diajak menelusuri dejavu yang dia ciptakan sendiri…[aku suka ini  !!], seperti puisi yang dibuat tanggal 16 Desember 2011 [yakin masih muncul puisi yang lainnya diakhir 2011….] berjudul “Pesan untuk kamu” yang khas sekali seperti penggalan awalnya, “ku untai sejuta malam yang mengkristal diperjalanan mimpi….”, di ujung puisi terpekik Indonesia Raya…, butuh mendejavu yang dalam… .

usup supriyadi

3. Usup Supriyadi, blog puisi nama pemiliknya kang Usup Supriyadi, dulunya penyair ini bermukim di WP juga cuma sekarang sudah berpindah tempat ke blogspot, sayang sekali memang…entah hal apa yang membuat Usup harus kehilangan rumahnya di WP, walau demikian jejak karyanya masih bisa di nikmati di notes jejaring sosial Facebook, dan kang Usup masih berbaik hati untuk share notes puisinya ke alamat FB saya. Karya kang Usup ini memang penuh imajinasi dan eksploitasi kata-kata dalam isi maupun judul, seperti dalam judul “Matinya penari bangau penari bunga”, “Segelas darah penyerta amarah”, “Semalam saja di tubuhmu”, atau bahkan ratusan judul yang lainnya. Perbendaharaan kosa kata yang tak lazim sering ia lontarkan menjadi satu rangkaian suasana mistis dan menghipnotis, proses pembelajaran berpuisi yang terus menjadi inspirasi buat blognoerhikmat. Saking suburnya kang Usup ber-puisi terkadang saya sendiri sudah tidak bisa mengiringi ritme terciptanya puisi dari rahim penyair muda ini, bahkan ia bernafsu ingin membuat 1000 karya puisi sampai akhir tahun 2011 ini, sebuah tantangan yang membuat takjub akan derasnya aliran kreasi imajinasi…salut kang!!.

Nah penyair muda inilah yang membuat malu dan meninggi hati buat diriku yang jabang bayi di dunia puisi. Dalam blognya, kang Usup membuat ulasan puisi blognoerhikmat , selain itu apresiasi saya tentang ulasannya dibuat kategori Tribute…., dan  itu dilakukan oleh orang yang baru saya kenal dalam dunia blog sastra puisi….duh kang segitunya…aku yang mandul dan dirimu yang subur…, bahkan notes FBnya …lagi-lagi dia menyapa aku sang penyair jalang yang lajang…ada-ada saja kamu Usup, mudah-mudahan Tribute dan apresiasi kang Usup terus memberi semangat blognoerhikmat terus berkarya sastra puisi..amien.

Akhmad Muhaimin Azzet

4. Akhmad Muhaimin Azzet, blognya bertajuk “serumpun puisi dari hati yang merindu”, Penyair ini benar-benar sejatinya seorang penyair yang telah mengorbit dengan beberapa buku antologi puisi seperti “142 Peyair menuju bulan”, “JOGJA 5.9 skala richter”, “Sajadah Kata”,”Malam Bulan” dan masih banyak yang lainnya. Dari sekian banyak karya puisinya yang saya simak, jelas latar belakang penyair ini sangat kental dengan nafas islami yang sejurus dengan latar belakang pendidikan dan kesibukannya sekarang sebagai seorang ulama [saya sendiri biasa panggil beliau pak.Ustad]. Bahkan beliau telah menerbitkan buku-buku karyanya tentang pendidikan Agama Islam, serta mengelola blog islami yang beralamat http://amazzet.wordpress.com/ , sebuah pencapaian prestasi yang patut ditiru karena kerendahan hati beliau yang masih mau meladeni siapa saja termasuk saya yang pemula dalam bersastra puisi. Salah satu ciri puisinya, adalah puisi-puisi pendeknya yang kaya akan makna dan menghujam nurani untuk terus bertanya, seperti karya puisinya yang berjudul “Tadarus” :

adakah surat dari kekasihmu
yang melebihi lembar demi lembar ini

aku terhenyak di setiap titik
betapa kasih dan sayang itu bercahaya

Bumidamai, Yogyakarta.

Dan masih banyak puisinya yang berbait pendek tapi sarat makna….ini yang membuat blognoerhikmat selalu tertegun akan hentakan teguran yang dinotasikan secara halus oleh pa’Ustad.

Itulah 4 penyair yang secara konsisten membuat karya puisi dalam blog, dan menjadi inspirasi blognoerhikmat dalam berkarya puisi, selain mereka masih banyak penyair-penyair dalam blogrol Puisi yang handal dan berbakat untuk bisa kita nikmati seperti blog Wahyu Fikri, Jia Effendi, Tri Wahyuni, yisha dan yang lainnya.

Sebagai apresiasi blognoerhikmat terhadap blog-blog Puisi ini, supaya bisa mudah mendapatkan karya terbaru dari mereka, blognoerhikmat akan mencantumkan RSS-post blog Puisi ini di side bar.

rss-blog puisi di blognoerhikmat

Mudah-mudahan sahabat blog puisi ini bisa menyongsong tahun 2012 dengan terus berkarya, menginspirasi lewat kata-kata yang mengalun seperti notasi musik yang harmonis dan membangkitkan selera bersastra untuk kaum Chairil AnwarChairil Anwar muda…Amien.

71 thoughts on “Apresiasi blog sastra puisi di akhir tahun 2011

  1. lalu apa lagi yang harus ku toreh,
    keadaanya sdh seperti ini
    kata, kalimat, menyulam, menjalin, melengkapi…
    ah, kalian luar biasa…!!!

    salam kenal mas budi dan semuanya…

  2. Aslkm. Salam kenal🙂

    Hehe, nyasar dari blognya Yisha… Eh, nemu blog yang juga pemiliknya pecinta puisi🙂 . Saya juga sangat mencintai puisi. Hobi menulis puisi sejak SD dan sekarang masih terus mengasahnya. Jika berkenan, silakan singgah ke blog saya. Dan semoga silaturrahmi tetap terjalin, amin🙂

    http://pejuangpena13.wordpress.com/

  3. Salam kenal yah… saya juga sebenarnya suka puisi, tapi gak tiap hari bisa buat puisi (hanya kalau lagi melow aja baru bisa… :-P). Pengen loh bisa nulis puisi kayak mas Budi…

  4. saya sendiri tidak begitu mengerti mekanisme puisi:mrgreen:
    apa fungsinya, apa bagusnya apa maknanya (hehehe) tapi begitulah annunaki…jadi mohon maklum ya masbro😀

  5. waahh, saya baru tahu kalo pak Azzet juga memiliki blog kumpulan puisi mas, thx infonya.. dan untuk Usup juga, hmm, dulu pas dia masih di WP saya cukup mengenal dia dan suka dengan puisi2nya, tapi semenjak dia pindah saya jadi tak pernah baca puisi2nya lagi.. hehe

    kalo orie mah, dia emang jago, apalagi puisi cinta.. *ngelirik ke orie😉 *
    selamat berpuisi yaa mas Budi, trus berkarya

    • iya…malah saya yang ga tau p’ustad punya 2 blog. kalau yang blog puisi sudah lama saya follow, kalau buat kang Usup saya khusus buat side bar link ke blogspot, jadi ga usah repot2 kesana. Nah kalau Oriie memang hatinya ada disitu terus….😀

      thx dhe….selamat blogwalking dan silaturahim
      blognoerhikmat

  6. Alhamdulillah….
    Makasih banyak ya, Mas Budi. Wah, jadi malu neh, sebab saya sendiri sesungguhnya masih belajar untuk bisa menulis puisi yang baik. Tapi, bagaimanapun, apresiasi ini sungguh merupakan semangat bagi saya untuk tak berhenti belajar, sekaligus silaturahmi yang semoga menjadikan kita senantiasa mendapatkan rahmat-Nya. Sekali lagi, makasih banyak ya, Mas Budi. Salam kreatif dan selamat terus berkarya…

    • Sebelumnya saya mohon maaf p’Ustad, berani-beraninya saya mencantmkan karya2 puisi p’ustad dalam apresiasi ini. Tapi memang itulah yang dinilai oleh blognoerhikmat dari nurani yang terdalam, tidak direkayasa. Dan bila ada kata2 review yang tidak berkenan…mhon maaf yang sebesar-besanya.
      Selamat berkarya terus mas Akhmad muhaimin azzet

      salam puisi
      blognoerhikmat

  7. Saya paling salut dengan Pak Ustadz kita. Bapak Akhmad Muhaimin Azzet.
    Sayang saya gak pandai buat puisi, jadi gak bisa ikutan di review disini.😥

  8. saya coba buka satu per satu blog2 penyair di atas mas,, luar biasa.. bagus2..
    terus biasanya kalau para penyair itu lebih peka ya perasaannya?he..
    bener gak yah?

      • Maksudnya bikin lomba puisi, gitu loooh….
        Pesertanya temen-temen blogger semua. Suruh pada bikin postingan puisi dengan tema tertentu. Ntar silakan Mas Budi nilai sendiri mana yang paling bagus. Pemenangnya? Kasih voucher belanja senilai 50.000 aja. Hehehe…
        Tapi saya ngga ikutan, yaa… Ngga bisa bikin puisi soalnya.:mrgreen:

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s