Ritel…. aku balik lagi

Setelah hampir 6 bulan mendalami blognoerhikmat, ada sesuatu yang merasa tertinggal. Asalnya berblog-ria ini hanya sekedar iseng supaya tidak disebut gaptek dan kurang bersosial, dan isinya didedikasikan tentang hobi ber-puisi (padahal saya lulusan sarjana teknik sipil….turunan darah seni kali hahahaha), tentang postingan motivasi (ya karena senang cuap2 di depan orang sambil menyihir mereka…), dan juga seputar dunia pekerjaan yang selama ini saya geluti, adalah dunia Ritel.

Walhasil kalau diperhatikan postingannya melulu tentang puisi…puisi dan puisi, mungkin pelarian dari rutinitas di dunia ritel. Dan setelah 6 bulan nge-blog postingan tentang ritel hanya 3 dan tentang motivasi kurang dari 5, wah ini kayaknya bikin bingung pembaca blognoerhikmat, sidebarnya malah ada link ritel, puisi dan motivasi.

Rencananya di akhir tahun ini, blognoerhikmat akan menyajikan postingan2 tentang dunia ritel, mulai dari product knowledge, manajemen ritel ( saat ini literatur tentang ritel masih minim) sampai hal-hal seputar kehidupan di dunia ritel dan humor2 nya juga ( ini kayaknya seru nih….hehehe). Terus terang saja kalau mulai postingan2 dunia ritel, harus mulai dari mana… mau tulis apa saja….jadi serba bingung ?, atau kata2nya malah kaku enggak gaul….(emang dah tua aku ini.. :) ), nah mungkin sahabat bloger boleh kasih ide apa aja yang mau kalian tau tentang dunia ritel…..silahkan kasih saran dan koment yaa :).

Supaya sahabat bloger mengenal lebih jauh lagi tentang saya (emang nggak ada di page-nya About). Pemilik blognoerhikmat ini sudah sejatinya adalah Budi Nurhikmat, penyandang gelar S1 Sarjana Teknik Sipil (alumni Institut Teknologi Nasional – Bandung), memulai karirnya pun pasti di dunia konstruksi (spesialis Konstruksi baja- makanya senang liat jembatan baja),  kemudian akhirnya bergabung dengan divisi Store Development PT.Akur Pratama (Toserba Yogya -[klik aja boleh] yang besar dan berkembang pesat di wilayah Jawa Barat), ketika Indonesia dilanda krismon (krisis moneter), saya harus merelakan keilmuan teknik sipil, untuk bergabug dengan departemen operasional (jadi Supervisor General Merchandsing di Pasararaya Yogya Kepatihan – Bandung).

Sebetulnya saat itu terjadi pertarungan batin dan profesionalisme, akan tetapi setelah coba digeluti dan dipelajari secara serius, akhirnya saya terdidik menjadi seorang marketing yang harus jeli melihat peluang. Setelah hampir 15 tahun berkarir di dunia ritel (nah lho ketauan dah tua… tapi lebih senang dipanggil budi/ mas/kang/gan…request nih :D) pindah dept.dan terus belajar tentang ekonomi ritel (dulu enggak kebayang kayak gini…), Alhamdulillah saya sudah hampir 8 tahun terakhir ini telah dipercaya memegang 2 outlet cabang Toko Toserba Yogya (istilah kerennya- Store Manager). Kini saya sudah 4 tahun memimpin Toserba Yogya cabang Tasikmalaya [klik aja boleh] dengan luas toko hampir 8000 m2 dengan cakupan Fashion dept, Supermarket dan Foodlife, dengan jumlah karyawan hampir 800 orang termasuk SPG/B (Sales Promotion Girl/Boy)

Ini foto2 aktifitas saya, toko dan team

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Nah..itu lah sekelumit tentang saya, berikutnya tunggu postingan2 tentang ritel, sahabat bloger baleh kasih saran tentang postingannya atau apa saja. Sori ya postingannya sedikit narsis….

See u on next post….

About these ads

51 thoughts on “Ritel…. aku balik lagi

  1. Memang seringkali kita terjebak dengan stigma bahwa setelah diwisuda maka urusan mencari ilmu sudah selesai padahal kenyataannya itu baru tahap awal untuk belajar ilmu yang lebih banyak lagi dalam kehidupan….salut buat kang Budi yang tidak mengekang diri dengan disiplin ilmu yang didapat saat kuliah…sukses terus Lur…!

  2. berisi puisi, tentu saya suka dengan blognya Mas Budi, berisi motivasi, tentu saya juga suka, berisi ihwal ritel, hmmm…. tentu saya juga suka karena sekaligus menimba ilmu baru.. initinya, aku suka deh berkunjung dan membaca di blognya Mas Budi.

  3. Wah.wah… agan kang mas budi iki lho (panggilnya lengkap sesuai yang diinginkan di postingan diatas,hehee.. :D ternyata orang sukses toh.. harus banyak belajar byk lagi nih, selain puisi harus belajar ekonomi ritel juga,hehe… (padahal mah gak nyambung belajar penyakit tanaman ke ekonomi) tapi buktinya dari engineer ke econom sangat sukses juga :)
    tetep sukses terus mas Budi…

  4. Waaoooww,,, biar agk melenceng dri profesi, tpi udh sukses bngt,, :-)
    ssttt…, ada LowKer baru nggak?? hehehe…. :-D

    oya..klw blh kritik, trackk down blognya agk kepanjangan mas, loading browser saya agk ngos-ngosan hehehe (kidding.com)
    Kalau blh saran, silahkan brkunjung ksini http://lombokdihati.wordpress.com/2011/07/12/cara-membatasi-jumlah-tampilan-artikel-pada-halaman-beranda-blog/

    atau disini http://lombokdihati.wordpress.com/2011/11/10/tips-agar-halaman-blog-tidak-menjadi-berat-saat-loading/

    salam ngeblog :-)

  5. Thx mas Agus…
    Tentang suplier (vendor) secara umum sebetulnya dengan era ritel modern sekarang jauh lebih mudah. Ok nanti saya posting tentang hal ini…. selengkapnya :)
    btw Indomarco sebagai distributor, tidak hanya monopoli suplai untuk Indomart tapi ke toko yang lain juga, karena Indomarco distributor besar untuk produk Indofood dan lainnya, soal harga belinya tetap menganut konsep best buying on deal, grosir2 juga biasanya menikmati harga beli ini.

    salam
    blognoerhikmat

  6. inspirasi sekali mas..
    boleh minta tolong mengenai cara mendapatkan supplier dan distribusi dari barang barang persediaan di ritel.. Kebanyakan yang mau buat ritel bingung mau cari agen distribusinya.. kalo sekelas indomaret sudah ada indomarco bagian dari perusahaan yg menjadi suppliernya.. :D

    terima kasih mas. :D

      • Saya juga tertarik yang ini, dan sistem yang diterapkan antara supplier dan buyer gimana?
        # pasti banyak yang bisa di sharing tuh Mas Bud, Sipili ke Marketing aja udah penuh bumbu, apalagi ditambah pengelolaan ritel, ditunggu :D

        • thx mba salma apresiasianya…tunggu postingan tentang itu yaa … :D
          banyak sahabat bloger yang penasaran tentang suplier dan pengadaan barang, tapi sesungguhnya kunci sukses ritel bukan hanya mendapatkan barang tapi banyak hal…salah satunya pengetahuan produk yang dijual, sehingga kena tepat sasaran kebutuhan konsumen…

tinggalkan jejak kata.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s